Tumbuhan

10 Khasiat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Mengkudu atau noni memiliki kulit buah yang berwarna hijau dan akan menjadi hijau kekuningan bila matang. Rata-rata memerlukan waktu sekitar tiga bulan untuk membuat buah mengkudu menjadi matang. Buah mengkudu banyak digunakan untuk memproduksi suplemen gizi, karena manfaat buah mengkudu yang memberikan berbagai kebaikan bagi kesehatan.

Manfaat Buah Mengkudu

Buah mengkudu dikenal karena beragam atas manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dengan mengkonsumsinya. Buahnya memiliki rasa yang hambar dan memiliki bau yang khas, oleh karena itu, sering kali buah mengkudu dikonsumsi dengan cara dibuat jus buah untuk mendapatkan berbagai manfaat kesehatan, seperti yang akan dijelaskan berikut ini:

1. Kesehatan Kulit

Sebagai sumber yang kaya akan antioksidan, vitamin A, dan vitamin C serta tambahan selenium membuatnya menjadi buah yang baik untuk kesehatan kulit. Jenis nutrisi tersebut dapat membantu dalam menjaga kulit dari kerusakan sel dan mencegah penuaan dini.

2. Sistem Kekebalan Tubuh

Mengkudu menstimulasi makrofag serta melindungi sistem kekebalan tubuh, dan pada akhirnya menhasilkan lebih banyak limfosit (adalah salah satu jenis sel darah putih). Selain itu mengkudu terdiri dari agen anti bakteri yang dapat memerangi beberapa bakteri.

3. Mengatasi Sembelit

Mengkudu mengandung tinggi serat, yang dapat membantu dalam meringankan ketegangan pada usus anda serta dapat melunakkan tinja. Selain itu berbagai vitamin dan mineral yang terkandung pada buah ini juga penting untuk menjaga usus anda tetap sehat.

4. Sebagai Antidepresan

Mengkudu dapat merangsang seratonin dan melatonin, yaitu dua hormon yang penting. Seratonin dapat mempengaruhi suasana hati, emosi, dan tidur. Dimana ketidakseimbangan kadar serotonin dapat menyebabkan depresi.

Melatonin dapat mengatur ritme sirkadian, yang dapat membantu dalam tidur anda untuk mendapatkan istirahat malam yang baik dan juga dapat meningkatkan mood anda.

5. Menurunkan Kolesterol

Dislipidemia ditandai dengan pengingkatan kadar kolesterol darah yang mengakibatkan peningkatan risiko terhadap pengembangan penyakit kardiovaskular. Penelitian telah membuktikan bahwa air dan etanol hasil dari ekstrak buah mengkudu dapat mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida (adalah salah satu jenis lemak utama yang mengalir di dalam darah manusia).

6. Mencegah Stroke

Mengkudu juga mengandung asam nitrat yang dapat membantu dalam membuat pembuluh darah lebih elastis, dengan demikian membuat sirkulasi menjadi lebih baik. Sebuah sirkulasi darah yang baik dapat mengurangi risiko stroke.

7. Sebagai Anti Kanker

Buah noni mengandung zat polisakarida yang dapat menekan pertumbuhan sel kanker baru. Mengkudu juga mengandung komponen antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi stres oksidatif dalam tubuh. Dengan demikian, mengkudu dapat mengurangi pembentukan sel-sel-kanker.

8. Mencegah Katarak

Katarak merupakan masalah penglihatan. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh kadar gula yang tinggi, terutama bagi penderita diabetes. Berdasarkan sebuah penelitian, ekstrak buah mengkudu dapat membantu dalam menjaga lensa mata anda tetap sehat, sehingga mencegah penyakit seperti katarak.

9. Mencegah Bisul

Penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa mengkudu memiliki kemampuan untuk mencegah lesi lambung dalam usus. Hal ini dikarenakan ekstrak buah mengkudu dapat menurunkan jumlah asam dalam perut dan meningkatkan lendir yang melindungi lapisan. Dengan demikian, dapat bermanfaat dalam mencegah bisul.

10. Meredakan Sakit

Kandungan analgesik dan komponen obat penenang dalam mengkudu dapat membuatnya efektif dalam mengurangi berbagai jenis nyeri di tubuh seperti arthritis, nyeri sendi, dan kondisi peradangan lainnya.


Cara Membuat Jus Mengkudu

Jika anda ingin mengkonsumsi buah mengkudu kedalam bentuk jus, berikut langkah-langkah untuk membuat jus mengkudu. Meski diolah menjadi jus, jus mengkudu tetap bisa dinikmati dengan mempertahankan nutrisi vitamin-nya.

1. Siapkan beberapa mengkudu muda

2. Pastikan sudah dibersihkan

3. Kemudian mengkudu dapat di blender

4. Untuk tambahan rasa, bisa menambahkan madu, susu, atau es, sesuai dengan selera anda.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa mengkudu memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat buah mengkudu untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Khasiar Sayur Kubis serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Share

Recent Posts

7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Khasiatsehat.com - Bunga telang seringkali hanya dijadikan sebagai bahan pewarna alami untuk makanan dan minuman.…

8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Cara Pakainya

KhasiatSehat.com - Pada dasarnya terdapat banyak jenis minyak esensial yang dapat digunakan untuk merawat kesehatan…

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.