10 Khasiat Buah Maja untuk Kesehatan

Buah maja merupakan salah satu jenis buah-buahan yang dianggap cukup unik di kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan buah ini dikaitkan dengan sejarah sebuah kerajaan pada masa lampau yaitu Majapahit. Disamping hal tersebut, ternyata buah dan bagian lain dari tanaman maja ini menyimpang segudang manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Lalu apa saja manfaat buah maja untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat Buah Maja
Buah maja via flickr.com

Pada awalnya tanaman maja hanya tumbuh di daerah tertentu saja. Namun, kini tanaman ini dapat Anda jumpai bahkan dibudidayakan di pekarangan ataupun halaman rumah Anda karena tanaman ini mudah beradaptasi dengan suhu lingkungan. Bagi Anda yang belum mengetahuinya, buah maja memiliki aroma yang mirip dengan buah nanas atau buah jeruk yang identik dengan harum dan manis, tetapi dengan rasa buah maja yang biasanya pahit.

Manfaat Buah Maja

Berikut 10 manfaat buah maja bagi kesehatan:

1. Mencegah Sembelit

Manfaat buah maja yang pertama yaitu dapat digunakan untuk mencegah sembelit. Seperti yang telah diketahui bahwa sembelit terjadi karena kurangnya asupan serat dan pola makan yang tidak sehat. Hal ini dapat Anda atasi dengan mengonsumsi buah maja secara rutin, karena buah ini mengandung serat yang cukup tinggi.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Tanaman maja memiliki sifat antibiotik, yang dapat memberikan efek menekan atau menghentikan proses infeksi oleh bakteri. Oleh karena itu, tanaman maja dapat digunakan untuk mengobati luka agar tidak terjadi infeksi. Cara yang dapat Anda lakukan adalah dengen menumbuk bagian akar, daun, ataupun buahnya hingga halus, lalu terapkan pada bagian yang terluka.

3. Mengobati Demam

Bagian akar dari buah maja ini ternyata dapat digunakan untuk mengobati demam panas yang terjadi pada orang dewasa maupun anak-anak. Untuk penggunaannya, Anda dapat menyeduh akarnya dengan segelas air panas, lalu tunggu hingga air mendingin sebelum diminum.

4. Mengobati Gatal-Gatal

Khasiat buah maja juga dapat berguna untuk menyembuhkan gatal pada kulit. Untuk penggunaannya, Anda dapat mengonsumsi buah maja yang masih segar secara langsung, ataupun menggunakan bagian daunnya yang dicampurkan dengan daun sirih dan juga kapur sirih yang dihaluskan secara bersamaan lalu terapkan pada bagian kulit yang terasa gatal.

5. Menenangkan Jantung Berdebar

Jika Anda merasa jantung berdebar atau deg-degan tidak seperti biasanya, yang bukan disebabkan karena mengalami kecemasan atau suasana hati yang sedang tidak baik, hal ini dapat menjadi indikator bahwa Anda sedang mengalami masalah kesehatan. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat mengonsumsi air rebusan akar maja untuk meredakan jantung berdebar yang tidak normal.

6. Mengobati Bengkak pada Lambung

Jika Anda menderita pembengkakan pada bagian lambung, buah maja ini dapat menjadi solusi untuk mengobatinya. Cara yang dapat Anda lakukan yaitu dengan menyeduh akar dari maja dengan segelas air panas dan tunggu hingga suhunya menjadi hangat untuk diminum.

7. Meredakan Diare

Selain untuk mencegah sembelit, manfaat buah maja juga dapat digunakan untuk meredakan diare. Hal ini dikarenakan buah ini mengandung serat yang cukup tinggi sehingga efektif jika digunakan untuk meredakan diare. Cukup dengan mengonsumsinya secara langsung ataupun diolah menjadi jus buah maja.

8. Mencerahan Kulit

Buah maja memiliki kandungan vitamin C yang berperan penting untuk membuat kulit tubuh ataupun wajah menjadi terlihat lebih cerah. Oleh karena itu, jika Anda ingin membuat kulit tubuh Anda menjadi lebih cerah, Anda dapat mengonsumsi buah ini secara rutin.

9. Meregenerasi Sel-Sel Kulit

Buah ini mengandung berbagai nutrisi atau gizi yang berperan penting dalam meregenerasi sel-sel tubuh. Selain itu, kandungan nutrisi di dalamnya juga dapat membantu memperbaiki kerusakan yang telah terjadi pada jaringan kulit yang disebabkan karena radikal bebas.

10. Membuat Kulit Menjadi Lebih Lembut

Selain dapat mencerahkan kulit, kandungan vitamin C pada buah ini dipercaya dapat membantu dalam pembentukan kolagen. Dimana kolagen berperan dalam menjaga elastisitas kulit, sehingga membuat kulit menjadi lebih lembut dan juga kencang.

Artikel terkait: Manfaat Buah Manjakani

MANFAAT LAIN DARI BUAH MAJA

Selain berbagai manfaat buah maja untuk kesehatan yang telah disebutkan diatas, masih terdapat beragam manfaat lainnya yang dapat Anda ketahui dari tanaman maja ini. Misalnya saja pada zaman dulu, bagian kulit atau tempurung maja yang keras, tipis, dan memiliki bentuk yang dianggap bagus ini sering digunakan sebagai alat perabotan rumah tangga seperti gayung, takaran beras, dan sebagainya. Selain itu, buah maja juga dikatakan bisa digunakan sebagai pengusir tikus.


Demikian artikel kesehatan mengenai berbagai manfaat buah maja untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Pete untuk Ibu Hamil atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Silahkan bagikan artikel ini melalui: