Categories: Herbal

8 Khasiat Buah Mahkota Dewa untuk Kesehatan

Mahkota dewa, bisa juga disebut dengan simalakama, merupakan salah satu tanaman obat yang berasal dari Indonesia, tepatnya dari Papua atau Irian Jaya. Bagian yang biasa digunakan untuk pengobatan selain daun adalah buahnya, yang memiliki warna hijau saat masih mentah dan akan berubah menjadi merah saat matang. Dan pada artikel ini akan membahas tentang berbagai manfaat buah mahkota dewa untuk kesehatan dan efek sampingnya.

Buah Mahkota Dewa via Wikipedia.com

Awalnya, tanaman mahkota dewa hanya digunakan sebagai hiasan atau tanaman yang dibiarkan tumbuh begitu saja. Kemudian tanaman mahkota dewa menjadi lebih terkenal setelah buah dari tanaman ini dikembangkan dan digunakan dalam pengobatan tradisional. Kini Anda dapat menjumpai mahkota dewa yang telah dikemas menjadi berbagai bentuk obat yang lebih praktis namun tetap dapat memberikan berbagai manfaat yang menguntungkan.

Manfaat Buah Mahkota Dewa

Berikut 8 manfaat buah mahkota dewasa bagi kesehatan :

1. Mengeluarkan Racun dari Tubuh Secara Alami

Secara tidak disadari bahwa makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh bisa saja menjadi racun bagi tubuh, terutama makanan dan minuman yang banyak menggunakan zat aditif. Pada kasus ini, kandungan alkaloid dalam buah mahkota dewasa dapat membantu Anda dalam menghilangkan racun di dalam tubuh (1).

2. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh memiliki peran yang sangat penting, terutama untuk menjaga tubuh terhindar dari serangan penyakit. Ketika tubuh sedang lelah atau lemas, hal ini membuat tubuh menjadi rentan terkena penyakit. Oleh karena itu, untuk menghidari hal tersebut Anda dapat mengkonsumsi buah mahkota dewa, yang mengandung senyawa saponin, untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh (1).

3. Melawan Bakteri dan Virus Penyebab Infeksi

Infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan virus dapat menjadi masalah kesehatan yang serius. Dimana bakteri dan virus dapat masuk ke dalam tubuh manusia melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi, udara, serta sumber lainnya. Salah satu manfaat mahkota dewa yaitu dapat memperbaiki sistem kekebalan tubuh sehingga dapat membantu dalam melawan bakteri dan virus yang dapat menyebabkan penyakit (1).

4. Mencegah Penyakit Diabetes

Khasiat mahkota dewa untuk diabetes. Manfaat buah mahkota dewa untuk diabetes. Diabetes disebabkan karena tubuh tidak dapat memproduksi insulin, sebagai hormon yang mengatur kadar gula dalam darah, atau disebabkan juga karena resistensi insulin. Saponin yang terkandung dalam mahkota dewa dapat membantu tubuh untuk mengontrol kadar gula darah tubuh, sehingga dapat mencegah penyakit diabetes (1).

5. Mencegah Resiko Pembekuan atau Penggumpalan Darah

Kandungan saponin pada buah mahkota dewasa juga dapat digunakan untuk menurunkan resiko terjadinya pembekuan atau penggumpalan darah. Pada dasarnya darah berfungsi untuk mendistribusikan semua nutrisi dan kemudian diserap oleh sel tubuh, sehingga apabila terjadi gangguan pembekuan darah dapat menyebabkan masalah kesehatan yang berbahaya (1).

6. Mengurangi Risiko Alergi

Alergi adalah reaksi tubuh yang terjadi saat tubuh membentuk sistem yang kuat untuk melawan masuknya reaksi material asing ke dalam tubuh. Kandungan polifenol pada buah mahkota dewasa memiliki efek perlindungan terhadap alergi dan mengurangi potensi alergi. Umumnya mahkota dewasa memiliki khasiat antihistamine sehingga dapat mencegah alergi (1)

7. Mengurangi Kadar Kolesterol dalam Darah

Kolesterol dapat menyebabkan berbagai penyakit potensial seperti penyakit jantung dan stroke. Pada kasus ini, senyawa flavonoid yang terkandung dalam mahkota dewa juga dapat membantu dalam mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh (1).

8. Membantu Mencegah Kanker

Manfaat buah mahkota dewa juga dapat digunakan untuk mencegah kanker. Kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh adanya radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dan menyerang sel sehat. Akibatnya, sel akan mengalami kerusakan dan menyebabkan kenker. Kandungan flavonoid pada buah mahkota dewasa dapat menjadi sumber antioksdan yang sangat baik untuk tubuh dan mencegah kanker (1).

Artikel terkait :


Peringatan dan Efek Samping Buah Mahkota Dewa

Pengobatan dengan menggunakan buah mahkota dewa merupakan salah satu metode pengobatan tradisional. Meski dianggap dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit, mahkota dewa juga memiliki efek samping yang perlu Anda pertimbangkan.

Beberapa efek samping mahkota dewa yang digunakan sebagai pengobatan yaitu, konsumsi buah mahkota dewa yang berlebihan dan dosis yang tidak tepat dapat menyebabkan sakit kepala, rasa kantuk, hingga merasakan sakit kepala parah. Selain itu konsumsi yang berlebihan juga dapat menyebabkan serangan kejang dan kekurangan oksigen yang dapat membuat pingsan (1).

Pengobatan dengan menggunakan mahkota dewa perlu dilakukan di bawah pengawasan ahli. Hal ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan risiko dari beberapa efek samping buah mahkota dewa yang dapat terjadi. Oleh karena itu, ketika Anda ingin mengkonsumsi buah mahkota dewa sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan yang ahli atau dokter.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa mahkota dewa atau simalakama memiliki banyak manfaat, terkhususnya 8 manfaat buah mahkota dewa untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Susu Skim atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat buah mahkota dewasa untuk kesehatan :

(1) inetarticle.com/10-benefits-of-phaleria-fruit-for-health/

(2) en.wikipedia.org/wiki/Phaleria_macrocarpa

(3) www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3731883/

Share

Recent Posts

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.

18 Buah Buahan Paling Menyehatkan di Bumi

Apakah kamu tahu, terdapat jenis buah buahan yang lebih menyehatkan dibanding jenis buah lainnya lho.…

10 Macam Sayuran Paling Menyehatkan di Bumi

Khasiatsehat.com - Sayuran telah dikenal masyarakat luas akan manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh…