Buah-Buahan

9 Khasiat Buah Langsat untuk Kesehatan

Buah langsat, atau bisa disebut sebagai lanzones, merupakan salah satu buah-buahan tropis yang dapat dikonsumsi yang berasal dari daerah Asia Tenggara. Kandungan antioksidan, serta berbagai vitamin dan mineral pada buah langsat dapat memberi banyak manfaat untuk kesehatan. Dan pada artikel kali ini akan membahas tentang berbagai manfaat buah langsat untuk kesehatan, fakta buah langsat, serta efek sampingnya.

Pada awalnya budidaya buah langsat banyak dilakukan di Asia Tenggara. Negara Thailand, Malaysia, Indonesia, dan Filipina merupakan beberapa produsen langsat terbesar di Dunia. Dan produksinya sebagian besar untuk dikonsumsi sendiri di dalam negeri, dan sebagian akan diekspor ke Hong Kong dan Singapura (4).

Manfaat Buah Langsat

Berikut 9 manfaat buah langsat bagi kesehatan :

1. Membantu Mencegah Kanker

Buah langsat mengandung antioksidan kuat yang dapat membantu melawan kerusakan yang disebabkan radikal bebas pada sel-sel tubuh. Kerusakan oksidatif pada sel dapat menyebabkan terbentuknya tumor dan kanker. Pada kasus ini, langsat mengandung suatu senyawa yang bersifat antikanker dan dapat melindungi tubuh dari berbagai faktor penyebab kanker (1).

2. Mengobati Demam dan Flu

Buah langsat dapat membantu Anda dalam mengobati demam dan flu. Hal ini dikarenakan langsat mengandung vitamin C yang dapat membantu mengurangi gejala demam dan flu. Bagian biji buah langsat yang telah dihaluskan dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi demam dan flu (1).

3. Memperkuat Tulang dan Gigi

Buah langsat juga mengandung fosfor. Seperti yang telah diketahui, fosfor berperan untuk kesehatan tulang dan gigi. Dengan mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung fosfor, seperti buah langsat ini, dapat membantu memperkuat tulang dan gigi Anda (2).

4. Baik untuk Penderita Diabetes

Buah ini dapat menjadi cemilan sehat bagi penderita diabetes karena kandungan seratnya yang tinggi, seiring dengan hadirnya antioksidan polifenol, yang dapat membantu dalam mengontrol kadar glukosa dengan memperlambat penyerapan gula (3).

5. Membantu Mengontrol Kolesterol

Buah langsat mengandung niacin (vitmin B3), yang serupa dengan serat yang terkandung didalamnya, dapat berperan untuk meningkatkan kolesterol baik sekaligus menurunkan kolesterol jahat dari darah, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda (3).

6. Meredakan Sakit Migrain

Beberapa studi telah menyatakan dampak positif dari riboflavin dalam meminimalkan dan melawan serangan migrain. Oleh karena itu, buah langsat ini dapat menjadi alternatif bagi Anda dalam mengurangi kemungkinan mengalami serangan sakit kepala migrain (3).

7. Sebagai Anti Malaria

Terdapat banyak penelitian yang sedang dilakukan untuk membuktikan kemampuan biji langsat sebagai obat anti malaria yang potensial. Selain itu, kulit dan dedaunannya terbukti memiliki sifat anti-pantogen terhadap Plasmodium falciparum, yaitu parasit penyebab malaria (1).

8. Kesehatan Pencernaan

Langsat dapat membantu dalam menyembuhkan masalah saluran pencernaan. Hal ini dikarenakan langsat kaya akan serat yang sangat baik untuk kesehatn usus. Selain itu, kulit buah langsat mengandung oleoresin yang dapat membantu dalam menyembuhkan diare dan gejalanya (1).

9. Mengatasi Masalah pada Kulit

Kulit buah langsat dapat digunakan untuk mengobati berbagai masalah kulit seperti ruam, jerawat, gatal, dan lain-lain. Anda dapat menggunakan kulit buah langsat untuk dioleskan atau digosokkan pada daerah yang mengalami masalah tersebut, untuk mengurangi kemerahan, radang, dan gatal (1).


Perbedaan Buah Langsat dengan Buah Duku

Buah langsat memiliki rasa yang lebih asam dibandingkan dengan buah duku yang memiliki rasa manis. Pada bagian kulit buahnya, kulit langsat memiliki lapisan yang lebih tipis dari pada kulit buah duku. Hal ini yang membuat buah langsat tidak bisa bertahan lama pada suhu ruangan.

Dalam beberapa hari, buah langsat lebih cepat membusuk, sementara buah duku akan bertahan lebih lama. Terkait dengan manfaatnya, buah langsat memiliki manfaat yang tidak kalah beragam jika dibandingkan dengan manfaat buah duku.


Fakta Menarik Tentang Buah Langsat

Di Filipina, secara tradisional kulit kering dari buah langsat akan dibakar dan digunakan sebagai repellant untuk mengusir nyamuk dan juga sebagai dupa untuk memberikan aroma di ruangan orang yang sedang sakit.

Pulau Camiguin di Filipina akan mengadakan “lanzones festival” selama empat hari pada minggu ketiga pada bulan Oktober setiap tahunnya untuk merayakan panen buah langsat yang merupakan bagian penting dari kehidupan warga disana.


Peringatan dan Efek Samping Buah Langsat

Untuk ibu hamil, meskipun buah langsat mengandung banyak vitamin dan mineral yang penting, akan lebih baik jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi buah langsat ini. Selain itu, hindari konsumsi buah langsat secara berlebihan, karena dapat menyebabkan perut bergas atau kembung (3).


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa buah langsat memiliki banyak manfaat, terkhususnya 9 manfaat buah langsat untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Granola serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat buah langsat untuk kesehatan :

(1) medindia.net/patients/lifestyleandwellness/top-9-health-benefits-of-langsat-fruit.htm

(2) inetarticle.com/12-benefits-of-fruit-langsat-for-health/

(3) www.onlyfoods.net/lanzones.html

(4) www.vitaminclass.com/langsat-fruit-benefits/

(5) image by : guinarona.com

Share

Recent Posts

7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Khasiatsehat.com - Bunga telang seringkali hanya dijadikan sebagai bahan pewarna alami untuk makanan dan minuman.…

8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Cara Pakainya

KhasiatSehat.com - Pada dasarnya terdapat banyak jenis minyak esensial yang dapat digunakan untuk merawat kesehatan…

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.