19 Khasiat Buah Kundur untuk Kesehatan

Kundur, bisa juga disebut dengan nama beligo atau blonceng atau bligo ataupun baligo, merupakan salah satu tanaman yang dipanen bagian buahnya untuk dikonsumsi. Meskipun memiliki sebutan buah, buah kondur biasa digunakan sebagai sayuran. Disamping hal tersebut, ternyata kundur memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Lalu apa saja manfaat buah kundur untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

manfaat buah kundur
Buah kundur via necturajuice.com

Manfaat Buah Kundur

Berikut 19 manfaat buah kundur bagi kesehatan:

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat buah kundur yang pertama yaitu dapat membantu menurunkan berat Anda. Hal ini dikarenakan buah ini mengandung kadar kalori yang cukup rendah jika dibandingkan buah buahan lainnya. Oleh karena itu, buah ini sangat ideal dikonsumsi bagi Anda yang ingin sedang menjalani program diet penurunan berat badan.

2. Menurunkan Risiko Terkena Kanker

Khasiat buah kundur yang kaya akan vitamin C, yaitu sebagai antioksidan dapat membantu Anda dalam menangkal radikal bebas penyebab penyakit kanker. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, konsumsilah buah kondur ini secara rutin.

3. Mengontrol Kadar Gula Darah

Terdapat suatu penelitian yang menyatakan bahwa buah kondur dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes melitus. Hal ini dikarenakan kandungan karbohidrat yang diserap ke dalam tubuh dan terdapatnya peningkatan reaktivitas insulin ini dapat terjadi dikarenakan oleh fitokimia yang terkandung dalam buah kondur.

4. Menjaga Suhu Tubuh

Manfaat buah kundur selanjutnya yaitu dapat menjaga suhu tubuh, seperti mendinginkan tubuh ketika merasa kepanasan. Hal ini dikarenakan buah ini mengandung kadar air yang cukup tinggi, dimana kadar air yang tinggi ini dapat berperan dalam mengatasi berbagai gejala panas pada tubuh, seperti panas dalam, radang tenggorokan, demam, dan bibir pecah-pecah.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol

Buah kondur juga dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol secara efektif. Dimana buah ini mengandung banyak serat tapi rendah kalori, yang dapat membantu proses penyerapan karbohidrat serta lemak dalam tubuh yang berlebih, kemudian mengikatnya sehingga mudah dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk feses.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kondur dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Dimana buah ini dapat memberikan asupan protein dan asam amino esensial yang berfungsi untuk memperbaiki berbagai jaringan tubuh yang rusak, sehingga dapat menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat.

7. Melancarkan Peredaran Darah

Buah kondur, bisa disebut dengan buah beligo atau buah blonceng ini juga dapat membantu melancarkan peradaran darah. Oleh karena itu bagi Anda yang menderita gangguan peredaran darah, Anda dapat mengonsumsi buah ini secara rutin.

8. Memperkuat Tulang dan Gigi

Kondur memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang cukup tinggi. Dimana kandungan tersebut dapat membuat tulang dan gigi menjadi lebih padat dan kuat. Dengan begitu Anda dapat terhindar dari masalah yang terkait, seperti pengapuran tulang dan gigi.

Artikel terkait:

Selain 8 manfaat buah kondur yang telah disebutkan diatas, masih terdapat berbagai manfaat lainnya yang dapat Anda peroleh dari penggunaan buah kondur ini. Berikut manfaat lainnya dari buah kondur:

9. Mencegah dan Mengobati Radang Tenggorokan

10. Mencegah Stres dan Depresi

11. Mencegah Sembelit

12. Detoksifikasi (Mengeluarkan Racun dalam Tubuh)

13. Sebagai Anti Inflamasi

14. Mengobati Gangguan Pernapasan seperti Asma

15. Mengatasi Gangguan Tidur (Insomnia)

16. Menjaga Kesehatan Organ Ginjal

17. Meningkatkan Kesuburan Wanita

18. Mencegah Gejala Edema

19. Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi


Efek Samping Buah Kundur

Pada dasarnya kundur dapat memberikan beragam manfaat untuk kesehatan jika digunakan sesuai anjuran para ahli atau dokter. Namun kandungan yang terdapat dalam buah ini juga dapat menimbulkan kemungkinan efek samping bagi tubuh, seperti:

  • Buah kundur yang masih muda mengandung kadar kalsium oksalat yang cukup tinggi, sehingga dapat menimbulkan iritasi di mulut.
  • Bagi yang memiliki riwayat gangguan ginjal, lebih disarankan untuk menghindari konsumsi buah ini. Karena kandungan kalsium oksalatnya dapat menyebabkan batu ginjal.
  • Kundur juga tidak disarankan untuk digunakan oleh penderita rheumatik karena memiliki efek dingin. Dimana efek dingin ini dapat menambah rasa nyeri pada penderita.

Selain efek samping tersebut, bagi ibu hamil atau ibu menyusui yang mengalami produksi ASI (Air Susu Ibu) yang tidak lancar, akan lebih baik jika Anda melakukan konsultasi dengan bidan atau dokter kandungan mengenai apakah aman jika mengonsumsi buah kondur untuk mengetahui sensitifitas Anda terhadap buah ini.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa kundur memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat buah kundur untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Kumis Kucing atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.