Buah-Buahan

20 Khasiat Buah Ciplukan untuk Kesehatan

Ciplukan, bisa juga disebut dengan ceplukan, merupakan salah satu jenis tanaman penghasil buah-buahan yang sering tumbuh di alam liar. Meskipun sering diabaikan, ciplukan ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, terkhususnya bagian buahnya. Lalu apa saja manfaat buah ciplukan untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Buah ciplukan via pinterest.com

Buah ciplukan berbentuk kecil dan memiliki warna hijau yang akan berubah warna kekuningan jika sudah masak, serta memiliki campuran rasa asam dan manis. Pada dasarnya, buah ini sering dibiarkan tumbuh liar dan diabaikan. Namun kini, buah ini banyak diminati oleh kalangan luas karena memiliki khasiat dan manfaat dalam menjaga kesehatan tubuh.

Kandungan Gizi Buah Ciplukan

Buah ciplukan mengandung berbagai nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dimana buah ciplukan mengandung berbagai vitamin seperti vitamin C, vitamin A, vitamin E. Selain itu, buah ini juga mengandung senyawa antioksidan, asam malat, dan berbagai senyawa lainnya.

Manfaat Buah Ciplukan

Berikut 20 manfaat buah ciplukan bagi kesehatan:

1. Mencegah Diabetes

Manfaat buah ciplukan yang pertama adalah untuk mencegah diabetes. Hal ini dikarenakan tanaman ciplukan, baik bagian batang, daun, hingga buahnya mengandung suatu senyawa yang berkhasiat dalam menurunkan dan mengontrol kadar gula darah, sehingga dapat membantu menurunkan risiko terkena diabetes.

2. Menurunkan Risiko Terkena Kanker

Buah ciplukan ternyata juga dipercaya memiliki kemampuan untuk mencegah penyakit kanker. Hal ini dikarenakan buah ini mengandung antioksidan tinggi yang berperan penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu menangkal radikal bebas penyebab kanker.

3. Membantu Mengobati Penyakit Epilepsi atau Ayan

Khasiat buah ciplukan dapat digunakan untuk mengobati penyakit epilepsi atau ayan. Dimana kandungan senyawa asam dan berbagai mineral yang terdapat dalam buah ciplukan secara efektif dapat membantu memperbaiki sel-sel saraf yang rusak sehingga dapat membantu mengobati penyakit epilepsi atau ayan.

4. Menjaga Kesehatan Mulut

Manfaat buah ciplukan yang selanjutnya yaitu dapat digunakan untuk menjaga kesehatan mulut. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C dan senyawa lain yang hadir dalam buah ciplukan dapat berperan sebagai zat anti inflamasi sehingga dapat mencegah dan mengobati radang tenggorokan, sariawan, gusi berdarah, dan beberapa masalah kesehatan terkait mulut lainnya.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Seperti yang telah diketahui bahwa tekanan darah tinggi dapat menyebabkan stroke. Pada kasus ini, buah ini yang diolah menjadi jus buah ciplukan telah dipercaya dapat membantu Anda dalam mencegah penyakit darah tinggi atau hipertensi.

6. Meredakan Sakit Tenggorokan

Selain digunakan dalam pengobatan tradisional, buah ciplukan juga banyak tersedia dalam bentuk obat atau kapsul yang dapat digunakan untuk meredakan sakit tenggorokan. Hal ini dikarenakan buah ini mengandung senyawa karotenoid, yang dapat berperan untuk mengurangi rasa nyeri pada tenggorokan.

7. Mengobati Kurap

Manfaat buah ciplukan juga dapat digunakan untuk mengobati kurap. Seperti yang telah diketahui, kurap dapat membuat perasaan tidak nyaman karena dapat mengganggu penampilan jika kurap ini timbul pada bagian tubuh yang terlihat. Untuk mengobatinya, Anda dapat menumbuk daun dari buah ciplukan, lalu oleskan pada bagian kulit yang terkena.

Artikel terkait: Manfaat Buah Kersen

Selain tujuh manfaat buah ciplukan untuk kesehatan yang telah disebutkan sebelumnya, buah ciplukan masih memiliki banyak manfaat lainnya yang perlu diketahui. Berikut berbagai manfaat buah ciplukan lainnya:

8. Mengobati Sakit Paru-Paru

9. Mengobati Borok

10. Mengatasi Bisul

11. Mengobati Flu

12. Mengobati Asma

13. Menurunkan Demam pada Anak

14. Mengobati Penyakit Kuning pada Bayi yang Baru Lahir

15. Menyadarkan Orang Pingsan

16. Meningkatkan Kecerdasan

17. Menurunkan Kolesterol

18. Penambah Darah

19. Sebagai Penawar Racun

20. Mencegah Penuaan Dini


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa ciplukan memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat buah ciplukan untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Daun Binahong atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Share

Recent Posts

7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Khasiatsehat.com - Bunga telang seringkali hanya dijadikan sebagai bahan pewarna alami untuk makanan dan minuman.…

8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Cara Pakainya

KhasiatSehat.com - Pada dasarnya terdapat banyak jenis minyak esensial yang dapat digunakan untuk merawat kesehatan…

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.