Categories: Buah-Buahan

8 Khasiat Buah Blewah untuk Kesehatan

Blewah merupakan salah satu buah-buahan yang sering digunakan sebagai minuman penyegar pada bulan Ramadan. Dibalik kegunaannya yang biasa diolah menjadi menu buka puasa, buah blewah mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut artikel mengenai manfaat buah blewah untuk kesehatan.

Buah blewah via wikipedia.org

Kandungan Gizi Buah Blewah

Buah blewah diketahui mengandung berbagai mineral, vitamin, serta berbagai nutrisi lainnya yang berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Beberapa nutrisi yang terkandung dalam blewah antara lain serat, asam folat, vitamin A, vitamin C, magnesium, mangan, tembaga, dan nutrisi lainnya yang diketahui dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Manfaat Buah Blewah

Berikut 8 manfaat blewah bagi kesehatan:

1. Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kandungan potassium atau kalium dalam buah blewah dapat membantu Anda dalam menurunkan tekanan darah tinggi sehingga ideal untuk dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Manfaat lainnya yaitu dapat mengurangi pembentukan plak pada pembuluh arteri.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat buah blewah untuk diet. Blewah memiliki kandungan gula dan kalori yang cukup rendah sehingga membuatnya dapat menjadi salah satu buah-buahan yang ideal untuk dikonsumsi Anda ketika sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan atau untuk menjaga berat badan yang sehat.

3. Baik Dikonsumsi oleh Ibu Hamil

Manfaat buah blewah untuk ibu hamil. Blewah mengandung asam folat yang cukup tinggi, yang dapat membantu untuk menjaga dan memproduksi sel baru sehingga tidak hanya bermanfaat untuk perkembangan janin, tetapi juga baik untuk kesehatan ibu hamil itu sendiri.

4. Membantu Memperlancar Pencernaan

Blewah merupakan salah satu buah-buahan yang mengandung banyak air sehingga dapat membuat tubuh Anda tetap terhidrasi dan baik untuk pencernaan. Hal ini dikarenakan blewah dapat bermanfaat untuk mendetoksifikasi tubuh dan membantu usus untuk mencerna makanan dengan lebih baik.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Buah-buahan yang berwarna oranye merupakan sumber karotenoid (pigmen organik) yang cukup baik, termasuk buah blewah ini. Karotenoid dapat berguna untuk mencegah kerusakan yang dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Selain itu, pigmen karotenoid juga dapat membantu Anda dalam mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit termasuk garis-garis halus, kekeriputan, bintik-bintik hitam, dan sebagainya terkait penuaan. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi blewah secara rutin dapat membantu Anda memperoleh kondisi wajah dan kulit yang tampak lebih muda.

6. Membantu Mengatasi Insomnia

Blewah memiliki sifat sedatif, dimana sifat sedatif ini sangat berguna bagi penderita insomnia karena berperan sama halnya dengan obat tidur. Sehingga bagi penderita insomnisa dianjurkan untuk mengkonsumsi buah blewah secara rutin untuk mengatasi hal ini.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam buah blewah juga memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan mata, yang merupakan salah satu bagian penting dari tubuh manusia. Selain itu, vitamin A ini juga dapat berguna untuk mencegah dampak radikal bebas akibat udara yang tercemar. Baca juga artikel terkait manfaat vitamin A.

8. Aman Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes

Blewah memiliki indeks glikemik (GI) yang cukup rendah. Selain itu, fruktosa dan glukosa yang terkandung dalam blewah merupakan gula sederhana yang alami, sehingga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes dan penderita obesitas.

Artikel terkait :


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa blewah memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat buah blewah bagi kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Puasa atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Share

Recent Posts

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.

18 Buah Buahan Paling Menyehatkan di Bumi

Apakah kamu tahu, terdapat jenis buah buahan yang lebih menyehatkan dibanding jenis buah lainnya lho.…

10 Macam Sayuran Paling Menyehatkan di Bumi

Khasiatsehat.com - Sayuran telah dikenal masyarakat luas akan manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh…