11 Khasiat Buah Bit untuk Kesehatan

Buah bit, juga dikenal sebagai buah beet, merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki warna merah keunguan pada bagian umbinya, meskipun terdapat varietas lainnya yang berwarna putih dan kuning. Meskipun dikategorikan sebagai sayuran, bit atau beet ini biasa disebut sebagai “buah”. Berikut artikel mengenai manfaat buah bit untuk kesehatan.

Manfaat Buah Bit
Image by theayurveda.org

Buah bit kaya akan berbagai vitamin dan mineral esensial, yang menjadikannya sebagai makanan tambahan yang baik bila dikonsumsi. Cara mengkonsumsi buah bit pun sangat mudah dan beragam. Buah bit dapat dikonsumsi secara mentah-mentah dalam kondisi yang masih segar untuk ditambahkan ke dalam salad maupun sebagai jus buah bit, ataupun dimasak untuk dijadikan berbagai macam hidangan makanan.

Manfaat Buah Bit

Berikut 10 manfaat buah bit merah bagi kesehatan :

1. Membantu Mengurangi Tekanan Darah

Buah bit merupakan sumber nitrat, yang bila dikonsumsi, akan diubah menjadi nitrit dan gas yang disebut dengan oksida nitrat. Kedua komponen ini dapat membantu memperlebar arteri dan menurunkan tekanan darah. Peneliti juga menemukan bahwa dengan mengkonsumsi 500 gr buah bit secara rutin dapat mengurangi tekanan darah seseorang dalam waktu sekitar enam jam (1).

2. Mengurangi Kolesterol Jahat dan Menjaga Kesehatan Jantung

Buah bit atau buah beet ini diketahui mengandung sejumlah besar serat larut, flavonoid, dan betacyanin. Betacyanin adalah senyawa yang memberi warna merah keunguan pada buah bit dan juga merupakan antioksidan yang kuat (1).

Kandungan pada buah bit tersebut dapat membantu mengurangi oksidasi kolesterol LDL dan mencegahnya agar tidak menempel di dinding arteri. Dengan begitu, hal ini dapat membantu melindungi jantung dari kemungkinan serangan jantung dan stroke (1).

3. Mengontrol Diabetes

Sebagai sayuran dengan indeks glisemik sedang (yang artinya melepaskan gula dengan sangat perlahan ke dalam darah), membuat buah bit merah dapat membantu menjaga kadar gula darah Anda tetap rendah. Selain itu, sayuran ini juga rendah kalori dan bebas lemak yang menjadikannya sebagai sayuran yang ideal untuk penderita diabetes (1).

4. Membantu Mengobati Anemia

Buah bit mengandung banyak zat besi. Dimana zat besi membantu pembentukan hemaglutinin, yang merupakan bagian dari darah yang dapat membantu mengangkut oksigen dan nutrisi ke berbagai bagian tubuh. Dengan begitu buah bit dapat membantu Anda dalam mengatasi anemia (1).

5. Meningkatkan Energi

Sebuah studi menyatakan bahwa buah bit dapat membantu meningkatkan energi seseorang. Pada studi tersebut mengatakan bahwa karena kandungan nitratnya, hal itu dapat membantu melebarkan arteri sehingga membantu pengangkutan oksigen ke berbagai bagian tubuh, yang selanjutnya dapat meningkatkan energi seseorang (1).

6. Melindungi Anda dari Kanker

Manfaat buah bit untuk kanker. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Howard University, Washington DC, ditemukan bahwa betacyanin dapat membantu memeprlambat pertumbuhan tumor sebesar 12,5 persen pada penderita kanker payudara dan prostat. Efek ini tidak hanya dapat membantu dalam diagnonis dan pengobatan terhadap kanker, tetapi juga dapat membantu cancer survivor terbebas dari kanker dalam waktu yang lebih lama (1).

7. Kesehatan Pencernaan dan Mencegah Sembelit

Karena kandungan serat larutnya yang tinggi, buah bir dapat bertindak sebagai pencahar yang tepat. Hal ini dapat membantu dalam mengatur pergerakan usus Anda dengan melunakkan kotoran, yang selanjutnya juga dapat membersihkan usus besar dan mengeluarkan racun yang berbahaya dari dalam tubuh (1).

8. Anti Peradangan

Buah bit merupakan sumber dari betaine, yaitu nutrisi yang dapat membantu melindungi sel, protein, dan enzim dari pengaruh lingkungan. Kemudian juga dikenal dapat membantu dalam mengatasi peradangan, melindungi organ dalam, serta kemampuannya yang dapat membantu dalam mencegah berbagai penyakit kronis (2).

9. Meningkatkan Kesehatan Mental

Betalain yang terkandung dalam buah bit telah dikenal dapat digunakan dalam pengobatan tertentu untuk mengatasi depresi. Buah bit juga mengandung triptofan (tryptophan), yang dapat menenangkan pikiran dan menciptakan perasaan nyaman (3).

10. Menjaga Kesehatan Mata

Kehadiran beta karoten, yang merupakan bentuk dari vitamin A, dapat membantu mencegah masalah terkait penglihatan seperti katarak, serta mengurangi risiko degenerasi makula yang biasa terjadi seiring bertambahnya usia (4).

11. Buah Bit untuk Ibu Hamil

Manfaat buah bit untuk ibu hamil. Buah bit juga mengandung asam folat. Dimana asam folat sangat penting bagi ibu hamil dan bayi yang belum lahir, karena asam folat ini berperan penting untuk perkembangan bayi dan mencegah kelainan pada bayi saat lahir. Selain itu buah bit juga dapat memberikan tambahan energi ekstra yang diperlukan ibu hamil selama masa kehamilan (1).

Artikel terkait :


Tips Memilih dan Menyimpan Buah Bit

Untuk mendapatkan buah bit dengan kualitas bagus, saat memilih dan beli buah bit yang segar seharusnya masih terdapat dedaunannya yang berwarna hijau utuh, yang masih tampak segar tanpa adanya tanda-tanda pembusukan. Kemudian bagian buah bit itu sendiri harus masih kencang, halus, dan berwarna merah keunguan, tidak lembek, berkerut, ataupun kusam.

Buah bit yang masih segar, yang masih terdapat dedaunnya, dapat disimpan selama tiga sampai empat hari di lemari es, tetapi buah bit yang daunnya sudah dibuang dapat disimpan di lemari es atau kulkas selama dua sampai empat minggu untuk menjaga kesegarannya.


Peringatan dan Efek Samping Buah Bit

Bagi beberapa orang, setelah mengkonsumsi buah bit dapat menyebabkan beeturia, yaitu suatu kondisi dimana urin berwarna merah atau merah yang terjadi setelah mengkonsumsi buah bit. Namun Anda tidak perlu kawatir, karena itu adalah normal (5).

Buah bit atau buah beet, pada tingkat yang lebih rendah, akarnya mengandung kadar oksalat yang cukup tinggi. Oleh karena itu bagi individu dengan riwayat batu ginjal perlu memperhatikan asupan makanan Anda, dan perlu menghindari konsumsi buah bit yang berlebihan (5).


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa buat bit atau buah beet memiliki banyak manfaat, terkhususnya 11 manfaat buah bit untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Biji Alpukat atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi khasiat buah bit untuk kesehatan :

(1) www.thehealthsite.com/diseases-conditions/amazing-health-benefits-of-beetroot/

(2) articles.mercola.com/sites/articles/archive/2014/01/25/beets-health-benefits.aspx

(3) www.care2.com/greenliving/8-beet-benefits-aphrodisiac-brain-booster-more.html

(4) www.organicfacts.net/health-benefits/vegetable/beets.html

(5) www.bbcgoodfood.com/howto/guide/ingredient-focus-beetroot

(6) draxe.com/beet-benefits/

One Comment