Categories: Buah-BuahanHerbal

16 Khasiat dan Manfaat Buah Berenuk

Berenuk merupakan salah satu tanaman yang hingga kini masih jarang dimanfaatkan. Dimana keberadaannya sering kali hanya sebagai penghias pekarangan. Padahal, tumbuhan yang sering disamakan dengan maja ini ternyata memiliki potensi manfaat yang besar, terkhususnya bagian buahnya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Lalu apa saja manfaat buah berenuk untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Gambar buah berenuk via flickr.com

PERBEDAAN BERENUK DAN MAJA

Di beberapa daerah, baik tanaman dan buah berenuk sering disamakan atua bahkan saling terkurang dengan tanaman maja. Padahal keduanya merupakan tumbuhan yang berbeda dan memiliki ciri yang berbeda pula. Pohon berenuk memiliki nama latin Crescentia cujete, sedangkan pohon maja memiliki nama latin Aegle marmelos.

Secara fisik, buah maja memiliki ukuran yang lebih kecil, yaitu dengan diameter antara 5 hingga 12 cm, sedangkan buah berenuk memiliki ukuran yang lebih besar yaitu hingga 20 cm. Meskipun begitu, di Jawa Timur kedua buah ini menjadi ikon Mojokerto.

KANDUNGAN GIZI BERENUK

Beberapa senyawa yang terdapat dalam tanaman berenuk yaitu seperti saponin, flavonoida, dan polifenol. Daun dan buahnya mengandung vitamin C, niasin, tannin, vitamin A, thiamin, riboflavin, vitamin E, dan karbohidrat. Selain itu, buah berenuk juga mengandung beberapa mineral penting seperti kalium, natrium, kalsium, magnesium, dan fosfor.

Manfaat Buah Berenuk

Berikut 16 manfaat buah berenuk bagi kesehatan:

1. Meredakan Panas Demam

Manfaat buah berenuk yang pertama yaitu dapat digunakan sebagai penurun panas demam. Hal ini dikarenakan buah ini memiliki sifat penurun panas yang alami untuk tubuh. Untuk penggunaannya, Anda dapat membuat ramuan dari buah berenuk yang dicampur dengan bahan lainnya untuk meredakan demam.

2. Mengobati Sakit Asma

Buah berenuk dapat digunakan oleh penderita asma dikala penyakit ini kambuh. Hal ini dikarenakan buah ini mengandung suatu senyawa yang dapat meningkatkan kesehatan pernapasan, termasuk dalam mengatasi beberapa penyakit terkait pernapasan seperti asma.

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat buah berenuk yang selanjutnya yaitu dapat digunakan sebagai bahan makanan yang dapat membantu tubuh dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan. Dimana buah ini mengandung serat, yaitu senyawa yang berperan penting dalam menjaga kesehatan pencernaan.

4. Mengobati Diare

Khasiat buah berenuk akan kandungan berbagai gizi di dalamnya dapat membantu tubuh dalam menyingkirkan kuman penyebab diare di dalam saluran pencernaan Anda. Oleh karena itu Anda dapat menggunakan buah berenuk dalam mengatasi diare.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Buah berenuk mengandung zat polifenol yang memiliki sifat antioksidan yang sangat baik bagi tubuh karena dapat melindungi tubuh dari efek radikal bebas yang berbahaya. Selain itu, antioksidan ini juga dapat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

6. Meredakan Nyeri Rematik

Dibalik rasanya yang cenderung pahit, buah berenuk ternyata memiliki sifat anti inflamasi atau anti peradangan sehingga dapat digunakan untuk meredakan nyeri akibat rematik. Oleh karena itu bagi Anda yang menderita rematik, disarankan untuk mengonsumsi buah ini secara rutin.

7. Melancarkan Kemih

Manfaat berenuk juga ternyata dapat menyehatkan saluran kemih dengan cara memperlancarnya. Seperti yang Anda ketahui bahwa kemih yang tidak lancar disebabkan karena adanya gangguan kesehatan yang disebabkan karena kuman. Buah ini dapat bertindak sebagai anti kuman untuk mengatasinya.

8. Mengontrol Berat Badan

Salah satu manfaat berenuk yang tidak kalah menariknya adalah dapat membantu Anda dalam mengontrol berat badan. Hal ini karena buah ini mengandung suatu nutrisi yang dapat bekerja untuk membakar lemak tubuh. Oleh karena itu, dengan rutin mengonsumsi buah ini dapat membantu Anda dalam mencegah masalah kegemukan atau obesitas.

Artikel terkait: Manfaat Buah Maja

Selain 8 khasiat dan manfaat buah berenuk yang telah disebutkan di atas, masih terdapat berbagai manfaat lainnya dari buah ini yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa manfaat lainnya dari buah berenuk:

9. Mengobati Kulit Gatal

10. Mencegah Sembelit

11. Mencegah Radang Lambung

12. Mengobati Sakit Maag

13. Mencegah Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

14. Mempercepat Penyembuhan Luka

15. Meredakan Sakit Batuk

16. Mengatasi Flu


CARA MENGOLAH BUAH BERENUK

Pada dasarnya terdapat berbagai cara untuk mengolah buah berenuk. Dimana pengolahan yang berbeda juga dapat memberikan berbagai manfaat yang berbeda pula. Berikut beberapa cara mengolah buah berenuk secara mudah:

Buah Berenuk yang Dikeringkan

Daging buah berenuk dapat Anda potong menjadi irisan kecil lalu dikeringkan. Buah yang telah dikeringkan ini dapat Anda letakkan di beberapa sudut rumah Anda untuk digunakan sebagai pengusir tikus. Cara ini juga dapat Anda lakukan untuk mengusir semut, kecoa, dan serangga lainnya.

Dibuat Seperti Jamu Godogan

Rebus secara bersamaan potongan buah, akar, dan kulit batang berenuk, lalu biarkan hingga mendidih. Masukkan Air rebusan berenuk yang telah mendidih ke dalam gelas. Biarkan hingga suhu menjadi hangat sebelum diminum. Jika suka, Anda juga bisa menambahkan madu atau gula aren secukupnya ke dalamnya.


Demikian artikel kesehatan mengenai berbagai manfaat buah berenuk untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Air Jeruk Nipis atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Share

Recent Posts

8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Cara Pakainya

KhasiatSehat.com - Pada dasarnya terdapat banyak jenis minyak esensial yang dapat digunakan untuk merawat kesehatan…

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.

18 Buah Buahan Paling Menyehatkan di Bumi

Apakah kamu tahu, terdapat jenis buah buahan yang lebih menyehatkan dibanding jenis buah lainnya lho.…