14 Khasiat Buah Alkesa untuk Kesehatan

Buah alkesa, biasa disebut juga dengan nama buah sawo mentega, sawo ubi, sawo belanda, ataupun kanistel, merupakan salah satu jenis buah-buahan yang kini banyak dibudidayakan di banyak negara, termasuk Indonesia. Disamping hal tersebut, buah ini mengandung berbagai nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Lalu apa saja manfaat buah alkesa untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat Buah Alkesa
Gambar buah alkesa via latitudefruitiere.re

Buah alkesa, yang dalam bahasa Inggris disebut dengan nama canistel, egg fruit, atau yellow sapote ini biasanya dikonsumsi secara langsung jika sudah masak, tetapi juga dapat diolah menjadi jus buah alkesah dan dijadikan campuran es krim atau susu kocok. Dengan begitu Anda tidak hanya menikmati rasanya yang lezat, tetapi juga dapat memperoleh manfaatnya untuk kesehatan yang luar biasa.

KANDUNGAN GIZI BUAH ALKESA

Berdasarkan beberapa penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli kesehatan, buah ini mengandung berbagai vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Setidaknya, buah ini mengandung karoten, vitamin A, vitamin C, niasin, thiamin, karbohidrat, kalsium, dan fosfor. Berbagai kandungan gizi inilah yang membuatnya memiliki khasiat yang barguna untuk tubuh Anda.

Manfaat Buah Alkesa

Berikut 14 manfaat alkesa bagi kesehatan:

1. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat buah alkesa yang pertama yaitu dapat membantu menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan buah ini mengandung vitamin A yang sangat berguna untuk menyehatkan mata dan dapat mencegah terserangnya penyakit yang terkait dengan gangguan kesehatan mata.

2. Memberikan Tambahan Energi

Buah alkesa mengandung gula alami yang akan diubah menjadi energi bagi tubuh. Selain itu, buah ini juga dapat menjadi sumber makanan yang dapat membantu Anda dalam menjaga stamina tubuh. Sehingga dapat membantu Anda dalam menjalani aktivitias seharian tanpa mudah lelah.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Buah alkesa memiliki kandungan kalsium yang cukup berlimpah. Dimana kalsium ini dapat berguna untuk pembentukan dan perkembangan tulang yang sehat. Selain itu, mineral ini tentu sangat bermanfaat bagi anak-anak pada masa pertumbuhan dan juga pada usia lanjut untuk mencegah osteoporosis.

4. Membantu Meningkatkan Berat Badan

Buah alkesa, disebut juga dengan sawo mentega, ternyata sangat cocok dikonsumsi oleh seseorang yang ingin meningkatkan berat badan. Hal ini dikarenakan kalori pada buah ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan. Oleh karena itu, buah ini juga cocok dikonsumsi oleh anak-anak ketika mengalami penurunan nafsu makan.

5. Memperlancar Pencernaan

Buah alkesa memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Dimana seperti yang telah diketahui bahwa serat sangat berguna untuk memperlancar pencernaan. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin meningkatkan kesehatan pencernaan, cobalah untuk mengonsumsi buah ini secara rutin baik dimakan secara langsung maupun diolah menjadi jus buah alkesa.

6. Mengatasi Sembelit

Terkait dengan melancarkan pencernaan, kandungan serat dalam buah alkesa juga sangat berguna untuk mengatasi sembelit atau buang air besar (BAB). Oleh karena itu Anda dapat mencoba mengonsumsi buah alkesa untuk mencegah serta mengatasi sembelit.

7. Mengatasi Radang Mulut

Penyakit radang mulut yang mungkin sedang Anda alami saat ini ternyata bisa dialami dengan buah alkesa secara alami. Hal ini dikarenakan buah ini mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan mulut, sehingga dapat digunakan untuk mengatasi peradangan yang terjadi di mulut.

8. Mencegah Kanker Usus

Kaya akan berbagai kandungan vitamin, menjadikan buah alkesa sangat ideal dikonsumsi untuk membantu mencegah terserangnya suatu penyakit. Berbagai senyawa yang terkandung di dalamnya juga sangat baik untuk menetralisir racun, bakteri, dan virus yang dapat menyebabkan kanker usus.

9. Menjaga Sistem Imun Tubuh

Buah alkesa mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh, salah satunya adalah kandungan vitamin C-nya. Seperti yang Anda ketahui bahwa vitamin ini dapat berperan untuk menjaga sistem imun tubuh atau menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat dalam melawan serangan penyakit.

Artikel terkait: Manfaat Buah Sawo

Selain 9 manfaat dan khasiat buah alkesa yang telah disebutkan diatas. Masih terdapat berbagai manfaat lainnya dari buah ini yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa manfaat lainnya dari buah alkesa:

10. Menurunkan Panas Demam

11. Mengatasi Diare

12. Kaya akan Antioksidan

13. Dapat Menjadi Makanan Sehat untuk Bayi

14. Mencegah Penuaan Dini


Demikian artikel kesehatan mengenai berbagai manfaat buah alkesa untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Daun Dadap atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

One Comment