13 Khasiat Biji Buah Pepaya untuk Kesehatan

Biji pepaya merupakan salah satu bagian dari buah pepaya yang seringkali dibuang begitu saja karena banyak orang yang tidak menyukai rasanya atau bahkan karena tidak mengetahui khasiat biji pepaya itu sendiri. Nah pada kesempatan kali ini khasiatsehat.com akan mengulas tentang berbagai khasiat dan manfaat biji pepaya untuk kesehatan serta pertimbangan dalam mengonsumsinya.

Manfaat Biji Pepaya
Biji pepaya via loseweightandgainhealth.com

Manfaat Biji Pepaya

Berikut 13 manfaat biji pepaya bagi kesehatan:

1. Memperlancar Sistem Pencernaan

Manfaat biji pepaya yang pertama yaitu dapat membantu memperlancar sistem pencernaan. Hal ini dikarenakan biji pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu tubuh dalam memecah protein sehingga dapat dicerna dengan baik oleh tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Ginjal

Biji pepaya diyakini dapa menjadi suplemen dalam menjaga kesehatan ginjal. Hal ini didukung dengan adanya beberapa penelitian yang telah dilakukan oleh para ilmuan, yang membuktikan bahwa biji pepaya sangat baik untuk kesehatan ginjal, bahkan dapat mencegah terjadinya gagal ginjal.

3. Sebagai Antivirus

Manfaat biji pepaya yang selanjutnya yaitu dapat berperan sebagai antivirus. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi biji pepaya secara teratur dinilai dapat membantu Anda dalam menyembuhkan infeksi ringan yang disebabkan karena virus, sekaligus menjaga daya tahan tubuh.

4. Sebagai Antibakteri

Tidak hanya sebagai antivirus, biji pepaya juga dapat berperan sebagai antibakteri yang dapat membantu tubuh dalam memperkuat imunitas sehingga tubuh menjadi lebih kebal terhadap serangan penyakit. Terdapat suatu penelitian yang menyatakan bahwa biji pepaya ternyata efektif dalam menangkal bakter E.coli, Salmonella, dan Staphylococcus.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Terdapat suatu penelitian yang menyatakan bahwa jus biji buah pepaya ternyata secara signifikan dapat menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan secara bersamaan dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik).

6. Menjaga Kesehatan Organ Hati

Khasiat biji pepaya juga sangat baik untuk menjaga kesehatan organ hati Anda. Mungkin hanya sedikit orang yang mengetahui bahwa biji buah ini dapat membuat organ hati Anda menjadi lebih sehat. Karena seperti yang telah diketahui bahwa hati merupakan salah satu organ penting yang dapat menjaga kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

7. Sebagai Anti Peradangan

Biji buah pepaya mengandung senyawa anti inflamasi yang dapat membantu Anda dalam meredakan radang. Dimana nyeri yang disebabkan karena peradangan seperti radang tenggorokan pun dapat diatasi secara efektif dengan menggunakan biji buah ini.

8. Kaya akan Antioksidan

Seperti yang telah diketahui bahwa antioksidan memiliki peran penting dalam menangkal radikal bebas. Biji buah pepaya mengandung sejumlah nutrisi penting, termasuk antioksidan, yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang biasanya terjadi ketika tubuh Anda terkena radikal bebas.

9. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Khasiat biji pepaya yang selanjutnya yaitu dapat digunakan untuk membantu menjaga daya tahan tubuh Anda. Berbagai senyawa yang terkandung di dalamnya, termasuk antioksidan, dapat meningkatkan kemampuan daya tahan tubuh sehingga Anda tidak mudah terjangkit penyakit.

Artikel terkait:

Selain 9 manfaat biji pepaya yang telah disebutkan diatas, masih terdapat berbagai manfaat lainnya dari biji buah pepaya yang perlu Anda ketahui. Berikut manfaat lainnya dari biji buah pepaya:

10. Obat Cacing

11. Membantu Mengobati Penyakit Sirosis Hati

12. Sebagai Anti Jamur

13. Menghilangkan Uban di Rambut


Cara Mengonsumsi Biji Pepaya

Pada dasarnya Anda dapat mengonsumsi biji buah pepaya secara mentah-mentah, tetapi Anda akan merasakan sedikit rasa pahit dan pedas. Oleh karena itu, Anda bisa mengonsumsinya dengan ditambah madu untuk menyamarkan rasa pedas dan pahitnya.

Cara lain yang bisa Anda lakukan yaitu dengan cara dibuat jus, yaitu biji pepaya yang telah dibersihkan dapat langsung Anda blender. Kedua, Anda dapat mengeringkan biji pepaya lalu ditumbuk halus untuk digunakan sebagai taburan salad ataupun pengganti merica bubuk.


Pertimbangan dalam Mengonsumsi Biji Pepaya

Meskipun biji pepaya dapat memberikan beragam manfaat yang baik untuk kesehatan, namun terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah terjadinya efek samping biji pepaya. Bagi ibu hamil, disarankan untuk tidak mengonsumsi biji pepaya sebagai tindakan pencegahan.

Selain itu, terdapat beberapa penelitian yang telah dilakukan yang menunjukkan bahwa mengonsumsi biji pepaya dapat menurunkan tingkat kesuburan seorang pria secara sementara. Disamping hal tersebut, karena substansi dan efek fisiologis yang kuat, maka disarankan tidak mengonsumsi biji pepaya secara berlebihan.


Demikian artikel kesehatan mengenai berbagai manfaat biji pepaya untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Teh Basi untuk Rambut atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Silahkan bagikan artikel ini melalui: