Bahan Makanan

10 Khasiat Biji Labu untuk Kesehatan

Labu merupakan tanaman asli Amerika dan banyak ditemukan di seluruh Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Amerika Tengah. Biji labu adalah salah satu makanan yang berharga yang digunakan untuk tambahan diet dan pengobatan di Amerika. Berikut artikel mengenai manfaat biji labu bagi kesehatan.

Biji labu berwarna hijau gelap, beberapa jenis terbungkus dalam sekam kuning-putih, lunak, bertekstur kenyal, halus dan memiliki rasa pedas. Seperti melon, semangka, dan mentimun, biji dari labu ini termasuk dalam keluarga Cucurbitaceae.

Asal Usul Biji Labu

Di Amerika Selatan, biji labu sudah populer sejak budaya Aztec dari 1300-1500 SM. Setelah dari Amerika, biji labu menyebar ke seluruh dunia melalui perdagangan dan eksplorasi selama berabad-abad. Di beberapa Negara bagian Eropa Timur dan Mediterania (terutama Yunani), biji labu menjadi masakan sehari-hari, tradisi kuliner dan medis.

Sedangkan di India dan bagian Negara lain di Asia juga menganggap biji labu sebagai makanan yang istimewa. Di Amerika Serikat, Illinois adalah produsen labu terbesar, diikuti oleh California, Ohio, Pennsylvania, Michigan, dan New York. Namun, sekarang labu tumbuh secara komersial di hampir semua negara bagian Amerika Serikat dan lebih dari 100.000 hektare lahan pertanian Amerika Serikat ditanami labu.

Manfaat Biji Labu

Berikut 10 manfaat biji labu untuk kesehatan :

1. Menurunkan Tingkat Kolesterol Jahat

Adanya pitosterol dalam biji labu dapat membantu menurunkan tingkat lipoprotein low-density (LDL atau kolesterol jahat), mencegah pembekuan darah dan aterosklerosis. Selain itu, biji labu juga kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal seperti asam oleat yang membantu menurunkan LDL dan meningkatkan HDL dalam darah.

2. Mengontrol Gula Darah

Menurut sebuah studi 2010 menyebutkan bahwa biji labu membantu meningkatkan insulin dan mencegah komplikasi diabetes dengan mengurangi stres oksidatif. Selain itu, senyawa fitokimia dalam biji labu juga dapat membantu mencegah nefropati diabetik (penyakit ginjal diabetik).

3. Membantu dalam Mengatur Suasana Hati

Studi yang dilakukan di Kanada pada tahun 2007 menunjukkan bahwa tryptophan, asam amino yang ditemukan dalam biji labu dapat membantu mengurangi kecemasan. Otak menggunakan tryptophan untuk membuat serotonin yaitu sebuah neurotransmitter yang membuat Anda merasa senang dan nyaman.

Ketika tubuh kekurangan tryptophan, dapat menyebabkan kecemasan, depresi dan gangguan suasana hati lainnya. Selanjutnya vitamin B dan asam lemak omega-3 dalam biji labu dapat meningkatkan kinerja  sistem saraf lebih, mengurangi kecemasan dan menenangkan sistem saraf.

4. Meredakan Arthritis

Biji labu memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat membantu mengobati arthritis, terutama osteoarthritis dan rheumatoid. Sifat anti-inflamasi pada biji labu juga dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan pada sendi.

5. Meningkatkan Kesehatan Kandung Kemih dan Prostat

Biji labu dapat meningkatkan fungsi kandung kemih dan dapat membantu mengobati pembesaran prostat, yang dikenal sebagai benign prostatic hyperplasia (BPH) oleh senyawa yang dikenal sebagai pitosterol.

Baca juga :

6. Melindungi Tulang

Biji labu kaya akan magnesium yang sangat penting untuk meningkatkan kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Selain itu, biji labu juga kaya akan fosfor dan seng yang dapat mengurangi risiko patah tulang.

7. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Biji labu mengandung magnesium yang membantu fungsi jantung termasuk pemompaan jantung dan relaksasi pembuluh darah. Selain itu, magnesium ini juga membantu mengontrol tekanan darah tinggi dan memainkan peran penting dalam mencegah serangan jantung mendadak dan stroke.

Kemudian kandungan tembaga dalam biji labu turut membantu meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh dan meningkatkan aliran darah yang mengandung oksigen melalui pembuluh.

8. Mencegah Perkembangan Cacing Pada Usus

Biji labu memiliki sifat antiparasit yang membantu menghilangkan cacing pita, cacing kremi dan parasit berbahaya lainnya dalam usus.

9. Membantu Memperoleh Tidur yang Lebih Berkualitas

Biji labu mengandung tryptophan yang akan diubah tubuh menjadi serotonin dan melatonin. Serotonin dan melatonin dapat membantu tidur malam yang nyenyak.

10. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Adanya kandungan seng pada biji labu dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Selain itu, biji labu juga mengandung berbagai macam antioksidan yang penting untuk tubuh. Kemudian kandungan selenium dalam biji labu akan membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas.


Efek Samping Biji Labu

Biji labu akan menyebabkan sakit perut bila dikonsumsi dalam jumlah besar karena biji labu juga mengandung lemak yang apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan sakit perut disertai kram dan nyeri bahkan dapat menyebabkan diare.

Biji labu juga dapat menyebabkan reaksi alergi tertentu seperti gatal-gatal, gangguan pernapasan, radang, kulit memerah, batuk dan sebagainya.

Untuk ibu hamil dan menyusui dianjurkan untuk menghindari konsumsi biji labu.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa biji labu memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat biji labu untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Lengkuas serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat biji labu :

  • www.top10homeremedies.com/kitchen-ingredients/top-10-health-benefits-of-pumpkin-seeds.html/3
  • www.whfoods.com/genpage.php?tname=foodspice&dbid=82#historyuse
  • www.stylecraze.com/articles/strange-side-effects-of-pumpkin-seeds/
Share

Recent Posts

7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Khasiatsehat.com - Bunga telang seringkali hanya dijadikan sebagai bahan pewarna alami untuk makanan dan minuman.…

8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Cara Pakainya

KhasiatSehat.com - Pada dasarnya terdapat banyak jenis minyak esensial yang dapat digunakan untuk merawat kesehatan…

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.