Bahan Makanan

12 Khasiat Biji Bunga Matahari untuk Kesehatan

Bunga matahari (Helianthus annuus L.) merupakan tanaman tahunan dari keluarga Asteraceae dan salah satu spesies tanaman yang berasal dari Amerika Utara (berasal dari Fertile Crescent, Asia atau Selatan atau Amerika Tengah). Kata “Helianthus” sendiri berasal dari kata Yunani Helios yang berarti matahari dan “Annuus” yang berarti tahun. Berikut artikel mengenai manfaat biji bunga matahari untuk kesehatan.

Asal Usul Biji Bunga Matahari

Menurut Asosiasi Sunflower Nasional, bunga matahari sebenarnya merupakan tanaman asli Amerika Utara. Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa budidaya bunga matahari yang pertama dilakukan oleh penduduk asli Amerika selama 3000 SM dan juga dipercaya bahwa bunga matahari pertama kali diperkenalkan di Eropa melalui Spanyol. Kemudian Rusia memperkenalkan kembali minyak biji bunga matahari untuk di luar Amerika Serikat setelah Perang Dunia II.

Saat ini, Rusia, Amerika Serikat, Peru, Argentina, Spanyol, Perancis, Cina dan Ukraina adalah produsen biji bunga matahari. Meskipun ukurannya yang kecil, biji bunga matahari merupakan sumber vitamin, mineral dan minyak esensial. Tidak hanya sebagai camilan sehari-hari, biji bunga matahari juga memberikan beberapa manfaat kesehatan yang luar biasa. Berikut ini manfaat biji bunga matahari bagi kesehatan.

Manfaat Biji Bunga Matahari

Berikut 12 manfaat biji bunga matahari.

1. Mengontrol Kolesterol

Biji bunga matahari mengandung monounsaturated dan polyunsaturated fat yang merupakan jenis lemak yang dapat melindungi jantung. Hampir 90% dari lemak dalam biji bunga matahari adalah lemak baik dan lemak tidak jenuh. Tingginya density lipoprotein yang terkandung dalam biji bunga matahari juha bermanfaat membuang kolesterol jahat atau LDL dari tubuh.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Lemak tidak jenuh pada biji bunga matahari memiliki pengaruh yang signifikan untuk jantung Anda. Biji bunga matahari juga mengandung Vitamin E yang merupakan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti aterosklerosis yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Beberapa studi klinis dari Harvard University juga meyebutkan bahwa kandungan folat pada biji bunga matahari bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Memelihara dan Memperbaiki Jaringan Tubuh

Protein adalah salah satu nutrisi yang baik bagi pertumbuhan sel, organ, otot, dan kulit. Protein yang terkandung dalam biji bunga matahari sangat dibutuhkan untuk proses pemeliharaan dan perbaikan jaringan tubuh. Penelitian baru menunjukkan bahwa sangat perlu untuk mengoptimalkan kesehatan dan melindungi otot.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Biji bunga matahari adalah sumber Vitamin E. Antioksidan Vitamin E dalam biji bunga matahari tidak hanya melindungi jantung Anda dari penyakit, tetapi juga menjaga kesehatan kulit. Studi ilmiah menunjukkan bahwa Vitamin E memiliki manfaat yang sangat spesifik untuk kulit, yaitu melindungi kulit dari polusi lingkungan, infeksi, juga membantu penyembuhan luka pada kulit dan bertindak sebagai pelembab untuk menjaga kulit dari kekeringan.

Penelitian juga melaporkan manfaat lebih lanjut dari Vitamin E yaitu dapat menurunkan penuaan kulit atau dengan kata lain dapat membuat kulit Anda terlihat lebih muda.

5. Mengurangi Risiko Kanker

Selenium dalam biji bunga matahari bekerja dengan vitamin E sebagai antioksidan dan melindungi sel-sel dari kerusakan yang dapat menyebabkan kanker dan masalah kesehatan lainnya.

6. Mendukung Fungsi Tiroid

Kelenjar tiroid adalah salah satu bagian tubuh yang bertanggung jawab dalam mengatur suhu tubuh, produksi protein, denyut jantung, dan mengontrol laju metabolisme tubuh Anda. Selenium adalah mineral yang terkandung dalam biji bunga matahari yang mendukung fungsi kelenjar tiroid dan memenuhi asupan selenium sehari-hari. Kekurangan selenium dapat menyebabkan beberapa gejala seperti masalah berat badan, kelelahan, dan suhu tubuh.

7. Membantu Menyebarkan Oksigen

Besi dan tembaga mineral yang terkandung dalam biji bunga matahari berfungsi membawa oksigen ke sel-sel darah merah dalam setiap bagian tubuh dan menghasilkan energi di dalam sel.

8. Membantu Pembentukan Sel Baru

Folat yang terkandung dalam biji bunga matahari tidak hanya berperan dalam menurunkan risiko penyakit jantung, tetapi juga memainkan peran penting membentuk sel-sel tubuh baru.

9. Kesehatan Pencernaan

Sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber serat begitu pula dengan biji bunga matahari. Serat dalam biji bunga matahari akan memainkan peran penting dalam sistem pencernaan dan membantu tumbuhnya bakteri baik yang bertindak sebagai probiotik.

10. Menenangkan Saraf dan Mencegah Migrain

Biji bunga matahari mengandung magnesium yang merupakan salah satu mineral penting bagi tubuh manusia. Studi menunjukkan bahwa magnesium dapat menenangkan saraf dan baik bagi orang-orang yang menderita insomnia.

Migrain adalah jenis sakit kepala yang dapat menyebabkan kepala berdenyut intens atau denyutan di suatu daerah kepala. Magnesium dalam biji bunga matahari dapat membantu untuk menyembuhkan migrain terutama bagi wanita yang menderita sakit kepala selama periode menstruasi.

11. Menjaga Kesehatan Tulang

Kalsium merupakan mineral penting untuk menjaga kesehatan tulang. Biji bunga matahari mengandung beberapa jumlah kalsium yang membuat tulang Anda kuat serta didukung dengan adanya kandungan tembaga dan magnesium.

Kalsium dikombinasikan dengan magnesium yang berperan menjaga struktur kesehatan tulang  dan membantu tubuh mempertahankan kekuatan tulang dengan mencegah tulang dari kondisi kehilangan kepadatan mineral seperti dalam kasus osteoporosis. Selain itu juga membantu terjadinya pembekuan darah.

12. Mencegah Demensia dan Alzheimer

Demensia atau yang dikenal sebagai kepikunan dikategorikan sebagai penyakit otak yang menyebabkan penurunan kemampuan berpikir dan mengingat. Sedangkan Alzheimer adalah salah satu jenis demensia. Seng, kolin dan vitamin E dalam biji bunga matahari dapat membantu Anda untuk melindungi otak dari gejala demensia dan penyakit Alzheimer. Asam Pantothetic juga memainkan peran penting dalam fungsi ini karena membantu tubuh dalam sintesis lemak, mengatur hormon, dan menjaga fungsi otak yang sehat.


Efek Samping Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari juga dapat menyebabkan anafilaksis, yaitu alergi parah yang dapat menyebabkan kondisi fatal bagi mereka yang mengalaminya.

Orang dengan tekanan darah tinggi harus menghindari mengkonsumsi biji bunga matahari karena dapat meningkatkan asupan natrium yang bisa berakibat fatal bagi kesehatan. Sebaiknya ukuran mengkonsumsi biji bunga matahari ialah secukupnya dan tidak berlebihan.

Biji bunga matahari juga megandung omega-6, sehingga Anda harus memperkiraan keseimbangan asupan omega-6 dengan omega-3 juga dalam tubuh agar tidak terjadi masalah yang merugikan kesehatan.

Kandungan kalori yang tinggi dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak diinginkan jika mengkonsumsi biji bunga matahari berlebihan.

Mengunyah biji bunga matahari bersama dengan cangkangnya dapat menyebabkan sakit gigi dan kerusakan gusi.

Individu dengan Diverticulosis harus menghindari makan biji bunga matahari ini dalam jumlah besar karena dapat menghalangi divertikula yang menyebabkan perdarahan atau tusukan di usus.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa biji bunga matahari atau biasa disebut kuaci memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat biji bunga matahari untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Bawang Merah serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat biji bunga matahari untuk kesehatan :

  • drhealthbenefits.com/food-bevarages/grains/benefits-of-sunflower-seeds
  • draxe.com/sunflower-seeds/
  • www.onlyfoods.net/sunflower-seed.html
Share

Recent Posts

7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Khasiatsehat.com - Bunga telang seringkali hanya dijadikan sebagai bahan pewarna alami untuk makanan dan minuman.…

8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Cara Pakainya

KhasiatSehat.com - Pada dasarnya terdapat banyak jenis minyak esensial yang dapat digunakan untuk merawat kesehatan…

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.