14 Manfaat Biji Buah Anggur untuk Kesehatan

Khasiatsehat.com – Sering kali, banyak orang yang hanya memakan bagian buah anggurnya saja lalu membuang bagian bijinya karena rasanya memang akan sedikit pahit. Padahal, biji buah anggur sendiri memiliki banyak nutrisi yang juga baik untuk kesehatan. Lalu apa saja manfaat biji buah anggur untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat biji buah anggur
Gambar buah anggur dan bijinya via greenmedinfo.com

KANDUNGAN GIZI BIJI BUAH ANGGUR

Terdapat beberapa riset yang memperlihatkan bahwa biji anggur mengandung lemak, karbohidrat, protein, dan senyawa polifenol. Senyawa polifenol tersebut memiliki turunan berupa asam galat, catechin, epicatechin, gallocatechin, epigallocatechin, epicatechin, dan proanthocyanidins. Dengan adanya kandungan gizi yang beragam tersebut maka tak mengherankan jika biji buah anggur sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Manfaat biji buah anggur

Berikut manfaat biji buah anggur bagi kesehatan:

1. Mencegah Stroke

Manfaat biji buah anggur yang pertama yaitu dapat membantu mencegah stroke. Hal ini karena biji buah ini mengandung endungeoned pycnogenol, yaitu zat penguat kologen yang dapat menjaga kelenturan pembuluh darah dan memperlancar pembuluh darah. Dimana kelenturan pembuluh darah sangat penting untuk mencegah gejala stroke.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Biji anggur memiliki kandungan vitamin yang bisa melembabkan, meningkatkan sirkulasi darah, dan memberi nutrisi pada kulit dari dalam. Selain itu, senyawa endungeoned pycnogenol dalam biji anggur mampu menguatkan fungsi kolagen dalam tubuh serta memberi nutrisi kulit dari dalam sehingga kulit menjadi tetap sehat dan mencegah penuaan dini.

3. Sebagai Anti Kanker

Dikutip dalam The Times of India, ekstrak biji buah anggur dapat memberikan manfaat untuk mencegah kanker. Rajesh Agarwal, PhD, salah satu peneliti di University of Colorado Cancer Center dan profesor di Skaggs School of Pharmaceutical Sciences, menyatakan bahwa ekstrak biji anggur memiliki kelebihan dalam membunuh sel-sel kanker tanpa membunuh sel yang sehat.

4. Menjaga Kesehatan Otak

Biji buah anggur dapat berfungsi sebagai penambah daya ingat Anda sehingga dapat mencegah kepikunan. Ketika otak Anda berfungsi dengan baik, maka Anda juga dapat berkonsentrasi lebih optimal dalam kegiatan sehari-hari. Otak Anda juga dapat terhindar dari serangan penyakit yang dapat merusak kesehatan otak Anda.

5. Menjaga Stamina Tubuh

Memiliki stamina tubuh yang cukup merupakan hal sangat penting agar Anda tetap berenergi dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Dalam hal ini, biji anggur dapat memberikan tambahan energi untuk tubuh Anda sehingga dapat membuat tubuh Anda tidak mudah letih dan lesu.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga kesehatan jantung merupakan hal sangat penting. Salah satu cara yang paling mudah untuk menjaganya adalah dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, salah satunya adalah biji anggur. Oleh karena itu makanlah buah anggur dengan bijinya, maka kesehatan jantung Anda pun dapat tetap terjaga.

7. Baik untuk Kesehatan Tulang

Siapa sangka ternyata khasiat biji buah anggur dapat membantu meningkatkan kualitas kesehatan tulang. Dengan begitu, penyakit pengeroposan tulang dan nyeri sendi bisa Anda cegah sejak dini dengan cara mengonsumsi biji anggur serta buahnya secara bersamaan.

8. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat biji anggur yang selanjutnya yaitu dapat mempercepat penyembuhan luka. Seperti pada sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Radikal bebas Biologi dan Kedokteran yang menyatakan bahwa adanya bukti kuat beberapa senyawa produktif yang terkandung dalam biji anggur mampu mendukung penyembuhan luka pada kulit.

Artikel terkait: Manfaat Buah Anggur

Selain 8 khasiat dan manfaat biji buah anggur untuk kesehatan yang telah disebutkan tersebut, masih terdapat beberapa manfaat lainnya dari biji buah ini yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa manfaat lainnya dari buah anggur untuk kesehatan:

9. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

10. Mencegah Penurunan Kognitif

11. Menurunkan Kolesterol

12. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

13. Membantu Proses Regenerasi Sel

14. Melancarkan Peredaran Darah

Artikel terkait: Manfaat Daun Tanaman Anggur

Demikian artikel kesehatan mengenai berbagai manfaat biji buah anggur untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Silahkan bagikan artikel ini melalui: