7 Khasiat Biji Alpukat untuk Kesehatan

Alpukat merupakan buah-buahan yang lezat dan bergizi, serta dapat memberikan beragam manfaat untuk kesehatan Anda. Tetapi bagian bijinya pun dapat dikonsumsi dan memiliki khasiat yang tidak kalah daripada buah alpukat itu sendiri. Berikut artikel mengenai manfaat biji alpukat untuk kesehatan.

Manfaat Biji Alpukat
Image by californiaavocado.com

Apakah Aman untuk Mengkonsumsi Biji Alpukat?

Meskipun biji alpukat mengandung tanin, dalam sebuah studi tahun 2013 yang dipublikasikan di Scientific World Journal, para peneliti telah menyimpulkan bahwa ekstrak biji alpukat aman dikonsumsi dan tidak menunjukkan toksisitas (tingkat merusaknya suatu zat) atau tidak menyebabkan kerusakan genetik (4).

Manfaat Biji Alpukat

Berikut 7 manfaat biji alpukat bagi kesehatan :

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Dalam sebuah studi tahun 2012 yang dipublikasikan di jurnal Plant Foods for Human Nutrition, biji alpukat yang dihaluskan dapat mengurangi kadar kolesterol total dan kolesterol LDL yang diuji pada tikus. Peneliti juga menyatakan bahwa biji alpukat dapat memberikan perlindungan terhadap pembentukan plak arteri.

Serat makanan yang ditemukan pada biji alpukat dikaitkan dengan kolesterol yang lebih rendah. Serat akan mengikat kolesterol di saluran pencernaan dan mencegah agar tidak terserap. Penelitian lain menunjukkan bahwa biji alpukat dapat membantu penderita kolesterol tinggi dan hipertensi (1).

2. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Mengkonsumsi biji alpukat juga dapat meningkatkan sistem pencernaan. Orang-orang di Amerika Selatan biasa menggunakan biji alpukat untuk mengobati disentri, diare akut, dan masalah pencernaan lainnya. Hal ini dikarenakan antioksidan dan serat yang terkandung pada biji alpukat sangat bermanfaat untuk pencernaan (1).

3. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat merupakan cara yang tepat dalam mencegah terserangnya penyakit. Biji dan kulit alpukat mengandung kadar antioksidan yang cukup tinggi, termasuk procyanidin dan catechin (katekin).

Kandungan tersebut memiliki sifat anti inflamasi yang dapat meredakan pembengkakan, nyeri sendiri, dan penyakit lainnya. Efek anti inflamasi ini juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah terserangnya pilek dan flu (1).

4. Menurunkan Resiko Kanker

University of Antioquia di Madellin, pada bulan November 2013 menemukan bahwa ekstrak biji alpukat memiliki efek pro-apoptosis pada sel leukemia. Ekstrak tersebut menyebabkan sel leukemia merusak dirinya sendiri dan membiarkan sel yang normal menjadi sehat dan stabil.

Biji alpukat ini juga mengandung fitokimia yang dikenal sebagai flavonol, yang merupakan antioksidan ampuh yang dapat mengurangi pertumbuhan tumor. Meskipun begitu, biji alpukat hanyalah salah satu dari sekian banyak makanan yang dapat membantu melawan kanker (2).

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Biji alpukat dapat menjadi makanan yang ideal untuk kesehatan kulit Anda. Antioksidan kuat yang terkandung didalamnya dapat membangun kembali kolagen, memperbaiki kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas, dan membuat kulit Anda menjadi lebih sehat (2).

6. Mencegah Penuaan Dini

Biji alpukat juga dapat menunda proses penuaan. Antioksidan kuatnya dapat membantu menangkal radikal bebas, yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel kulit yang sehat. Dimana radikal bebas dapat menyebabkan penuaan dini dan timbulnya kerutan, bintik-bintik usia, garis halus, dan sebagainya (3).

Minyak biji alpukat (hasil ekstrak) dapat meningkatkan kolagen pada kulit Anda, yang sangat penting untuk meningkatkan kesehatan kulit, dan membuatnya tampak lebih muda dan halus. Gunakan minyak biji alpukat untuk memijat pada bagian kulit untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal (3).

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Biji alpukat mengandung serat yang dapat memberikan perasaan kenyang yang lebih lama sehingga dapat menurunkan perasaan ingin makan atau mengemil berlebih. Sebagai tambahan, bijinya mengandung kalsium, magnesium, dan kalium yang dapat menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan disamping manfaat biji alpukat untuk diet ini (3).

Artikel terkait :


Cara Mengolah Biji Alpukat

Terdapat beberapa cara bagi Anda untuk mengkonsumsi biji alpukat dan mendapatkan beragam khasiatnya, seperti berikut :

  • Campuran pada makanan atau minuman – Keringkan biji alpukat ke dalam microwave oven dan giling menjadi bubuk. Setelah itu Anda dapat mencampurkannya ke dalam minuman smoothie atau digunakan sebagai hiasan pada salad.
  • Sebagai masker wajah – Biji alpukat dapat digunakan sebagai exfoliator, untuk perawatan wajah Anda. Yang perlu Anda lakukan yaitu keringkan biji alpukat, haluskan, lalu tambahkan ke dalam campuran masker wajah yang biasa Anda gunakan.
  • Teh biji alpukat – Masukkan potongan biji alpukat ke dalam tea infuser atau saringan teh dan tuangkan air mendidih ke atasnya. Agar rasa tidak terlalu pahit, Anda dapat menambahkan madu atau pemanis alami lainnya.
  • Sebagai shampoo – Rebus biji alpukat yang telah diparut ke dalam air. Biarkan hingga dingin. Lalu saring dan campurkan dengan shampoo yang biasa Anda gunakan untuk membuat rambut Anda lebih lembut dan tebal.

Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa alpukat memiliki banyak manfaat, terkhususnya 7 manfaat biji alpukat untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Buncisatau kembali ke halaman utama Khasiat Sehatuntuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat biji alpukat untuk kesehatan :

(1) www.doctorshealthpress.com/food-and-nutrition-articles/health-benefits-of-eating-avocado-seeds

(2) dailysuperfoodlove.com/4448/the-surprising-benefits-of-avocado-seeds/

(3) www.herald.co.zw/10-surprising-benefits-of-avocado-seeds/

(4) www.curejoy.com/content/avocado-seed-benefits/

One Comment