Buah-Buahan

10 Khasiat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan

Belimbing wuluh yang dikenal dengan banyak nama, seperti belimbing sayur, belimbing buluh, belimbing botol, belimbing asam, ataupun belimbing besi, merupakan salah satu jenis buah-buahan berwarna hijau dan berukuran kecil. Disamping hal tersebut, buah belimbing wuluh menyediakan berbagai manfaat yang beragam untuk kesehatan tubuh. Berikut artikel mengenai manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan.

Belimbing wuluh via tipsdaninformasikesehatankeluarga.blogspot.com

Belimbing wuluh tidak seperti buah belimbing manis yang berwarna kuning (star fruit), karena memiliki rasa yang jauh lebih asam dan ukuran yang lebih kecil. Hal inilah yang membuat belimbing wuluh sering dikonsumsi dalam bentuk asinan, salah satu bahan pembuatan rujak buah, bumbu masakan, dan campuran ramuan jamu. Meskipun begitu, belimbing wuluh tetap memiliki segudang manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Belimbing Wuluh

Berikut ini 10 manfaat belimbing wuluh bagi kesehatan :

1. Membantu Mengontrol Diabetes

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa kandungan yang terdapat dalam belimbing wuluh dapat membantu tubuh mengontrol produksi insulin, yang lebih lanjut dapat menjaga kadar gula darah agar tetap stabil. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi belimbing wuluh secara rutin dapat membantu Anda dalam mencegah dan mengobati diabetes.

2. Mengatasi Sakit Gigi

Khasiat belimbing wuluh juga dapat digunakan untuk meringankan sakit gigi. Hal ini dikarenakan belimbing wuluh mengandung senyawa yang dapat membantu meredakan sakit gigi. Untuk mendapatkan khasiat belimbing wuluh ini, Anda dapat mengunyah atau menumbuk buah ini, kemudian tempelkan pada bagian gigi yang sakit.

3. Sebagai Obat Batuk Alami

Meskipun beberapa jenis belimbing lainnya dapat menyebabkan batuk, jenis belimbing wuluh justru dapat digunakan untuk mengobati sakit batuk. Untuk mendapatkan manfaat belimbing wuluh untuk mengobati batuk ini, Anda dapat mengunyahnya secara berkala hingga rasa gatal di tenggorokan perlahan akan berkurang.

4. Mengurangi Risiko Terkena Kanker

Khasiat belimbing wuluh juga dapat mencegah penyakit kanker. Dimana buah ini dipercaya cukup efektif dalam mencegah pertumbuhan sel kanker karena kandungan vitamin C-nya yang berperan sebagai antioksidan alami. Hal yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengkonsumsinya secara rutin.

5. Membantu Mengobati Penyakit Gondongan

Manfaat belimbing wuluh yang berikutnya adalah untuk membantu mengobati penyakit gondongan. Dimana gondongan merupakan penyakit yang menyebabkan kelenjar parotid (kelenjar yang memproduksi air liur) mengalami pembengkakan. Dalam kasus ini, belimbing wuluh mengandung suatu senyawa yang dapat membantu menyembuhkan penyakit gondongan.

6. Mengontrol Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Khasiat belimbing wuluh yang selanjutnya yaitu dapat digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk membantu mengontrol hipertensi. Hal yang perlu Anda lakukan adalah merebus buah belimbing wuluh dengan tiga gelas air hingga tersisa setengahnya, dan dapat Anda minum secara rutin di pagi hari.

7. Mengobati Panu

Panu merupakan suatu penyakit infeksi jamur yang biasanya timbul di permukaan kulit. Penyakit panu ini dapat diobati dengan memanfaatkan khasiat belimbing wuluh yang mengandung sifat anti jamur.

Caranya adalah dengan menghaluskan belimbing wuluh, kemudian tambahkan kapur sirih secukupnya, lalu aduk hingga tercampur rata. Oleskan ramuan ini pada bagian tubuh atau kulit yang terkena panu secara rutin dua kali sehari.

8. Membantu Mengobati Sariawan

Belimbing wuluh juga dipercaya dapat secara efektif mengobati sakit sariawan. Hal ini dikarenakan buah ini mengandung vitamin C yang dapat berperan sebagai obat sariawan, yang selanjutnya dapat meredakan sariawan yang Anda alami.

9. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Disamping kandungan vitamin C-nya yang dapat berperan mencegah kanker dan sakit sariawan, khasiat belimbing wuluh yang tidak kalah pentingnya juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Dimana dengan memiliki daya tahan tubuh yang kuat, tubuh dapat terhindar dari serangan penyakit yang merugikan.

10. Membantu Mengontrol Obesitas

Di India, buah belimbing wuluh biasa digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengontrol diabetes. Hal ini dikarenakan belimbing wuluh dipercaya mengandung agen antihiperlipidemia, sehingga dapat membantu mencegah kenaikan berat badan yang berlebih.

Artikel terkait lainnya :


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa buah belimbing memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Okra Merah atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Share

Recent Posts

7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Khasiatsehat.com - Bunga telang seringkali hanya dijadikan sebagai bahan pewarna alami untuk makanan dan minuman.…

8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Cara Pakainya

KhasiatSehat.com - Pada dasarnya terdapat banyak jenis minyak esensial yang dapat digunakan untuk merawat kesehatan…

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.