10 Khasiat Asam Jawa untuk Kesehatan

Asam jawa, asam atau asem adalah tanaman yang memiliki rasa masam dan biasa tumbuh di daerah tropis. Asam biasa digunakan sebagai campuran bumbu dalam banyak masakan Indonesia sebagai perasa atau penambah rasa asam dalam makanan. Asam juga digunakan untuk campuran jamu tradisional. Nama ‘asam jawa’ dipakai oleh orang Melayu karena dipakai dalam masakan Jawa, sedangkan nama Tamarindus dan tamarind berasal dari bahasa Arab. Berikut artikel mengenai manfaat asam jawa untuk kesehatan.

Asal Usul Asam Jawa

Asam berasal dari benua hitam, Afrika.  Pada tahun 400 SM asam pertama kali dibudidayakan di Mesir. Kemudian di Amerika pada tahun 1615 asam telah sampai di Meksiko dan diperkenalkan ke seluruh Amerika dan Kepulauan Karibia. Selanjutnya pada tahun 1797 salah satu pohon asam telah ditanam di Hawaii oleh Don Marin di Little Greenwich (Pauoa Valley). Asam telah menjadi tanaman penting bagi pelaut zaman dahulu untuk menyeimbangkan kandungan asam dan gula di tubuh mereka.

10 Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan - Khasiat Sehat

Manfaat Asam Jawa

Berikut 10 manfaat asam jawa untuk kesehatan.

1. Kesehatan Pencernaan

Kehadiran serat makanan dalam asam jawa sangat berguna bagi pencernaan. Mengkonsumsi asam jawa akan membantu kelancaran gerakan usus Anda, meningkatkan produksi empedu dalam tubuh, sehingga menyebabkan pencernaan menjadi lebih baik.

2. Sirkulasi Darah

Asem kaya akan zat besi. Menambahkan asem ke makanan harian Anda akan membantu Anda mendapatkan 10% dari kebutuhan zat besi harian Anda. Hal ini akan meningkatkan jumlah RBC (Red Blood Cell) dalam tubuh yang menyebabkan tubuh dapat menerima oksigen secara optimal.

3. Kesehatan Jantung

Kalium yang terkandung dalam asem dapat membantu menurunkan tekanan darah dan serat dalam asem juga membantu mengurangi kolesterol dalam tubuh. Kemudian anti-oksidan dalam asem akan membantu dalam menjaga dari radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan jantung.

4. Menurunkan Berat Badan

Kandungan asam hidroksisitrat atau HCA dalam asam akan menghambat enzim di dalam tubuh yang membantu menyimpan lemak. Kemudian, asam juga akan membantu menekan rasa lapar sehingga asam bisa digunakan sebagai suplemen alami yang dapat menurunkan berat badan.

5. Meningkatkan Fungsi Syaraf

Asam kaya tiamin yang merupakan bagian dari vitamin B kompleks. Tiamin akan membantu memperkuat sistem syaraf dan meningkatkan pertumbuhan otot. Mengkonsumsi tiamin juga membantu Anda menjaga refleks saraf yang lebih baik.

6. Mengobati Rematik

Sifat anti-inflamasi  dalam asam bermanfaat untuk mengobati rematik karena rematik ini dapat menyebabkan sendi terasa nyeri terutama saat hawa dingin.

7. Mencegah Diabetes

Asem akan menghambat enzim alpha-amilase (enzim yang mengubah karbohidrat menjadi gula) yang akan berakibat pada peningkatan kadar gula darah tidak terkontrol. Dengan demikian asem dapat membantu mengendalikan gula darah.

8. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Tingginya kadar vitamin C, serta efek antioksidan membuat asam jawa berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu juga mengurangi terjadinya parasit dalam tubuh karena efek antiseptik dan antimikroba pada asam.

9. Menjaga Kesehatan Mata

Efek anti-inflamasi pada asam berguna untuk mengobati konjungtivitis atau mata merah. Obat tetes mata yang terbuat dari asam jawa telah lama digunakan sebagai obat mata.

10 . Menjaga Kesehatan Kulit

Adanya sifat anti-inflamasi pada asem jawa sangat baik untuk mengobati ruam pada kulit dan luka bakar akibat sinar matahari.


Efek Samping Mengkonsumsi Asam Jawa

Asam jawa dapat menurunkan tekanan darah sehingga apabila terjadi suatu kasus pendarahan, asam jawa dapat menjadi berbahaya apabila dikonsumsi berlebihan.

Jika Anda sedang mengkonsumsi aspirin atau obat pengencer darah lainnya disarankan berhati-hati dan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter apabila akan mengkonsumsi asam jawa.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa asam jawa memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat asam jawa untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Kacang Kenari serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat asam jawa :

  • www.organicfacts.net/health-benefits/herbs-and-spices/tamarind.html
  • www.world-foodhistory.com/2011/07/history-of-tamarind.html
  • www.beautyglimpse.com/10-amazing-health-benefits-tamarind/
  • id.m.wikipedia.org/wiki/Asam_jawa
Silahkan bagikan artikel ini melalui:
One Comment