Categories: SayuranTumbuhan

9 Khasiat Artichoke untuk Kesehatan

Artichoke merupakan sebuah varietas yang ditanam sebagai sayuran atau makanan. Bagian yang dapat dimakan dari artichoke adalah tunas yang terbentuk di dalam kepala bunga sebelum sepenuhnya mekar. Tanaman ini sering dianggap sebagai makanan lezat dan harganya pun lebih mahal. Berikut ini artikel mengenai beberapa manfaat artichoke untuk kesehatan.

Artichoke dapat dimasak dalam berbagai cara, tetapi pada umumnya direbus terlebih dahulu. Sebelum direbus, batang artichoke dipotong dengan menghilangkan duri dari puncak daun tunas. Setelah dimasak biasanya artichoke dihidangkan bersama dengan cuka, mentega, mayones, jus lemon, saus atau lainnya.

Di Italia, artichoke sering diisi dengan remah-remah roti, bawang putih, oregano, peterseli, keju parut, dan prosciutto atau sosis. Sedangkan di Spanyol, artichoke muda ditumis dengan minyak zaitun, bawang putih dan disiapkan dengan nasi sebagai paella atau dicampur dengan telur dalam tortilla.

Asal Usul Artichoke

Artichoke pertama kali muncul di Mediterania yang sering digunakan sebagai makanan oleh bangsa Yunani dan Romawi kuno sebelum abad ke-9. Hingga saat ini produsen terbesar artichoke masih di Mediterania, Peru, dan California.

Manfaat Artichoke

Berikut 9 manfaat artichoke bagi kesehatan :

1. Mencegah Kanker

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh USDA terhadap 1.000 tanaman dari berbagai jenis makanan, kandungan antioksidan pada artichoke berada pada peringkat ke-7. Sifat antioksidan pada tanaman artichoke berasal dari polifenol yang memiliki kualitas kemopreventif, yaitu dapat memperlambat, menghentikan, atau benar-benar membalikkan efek dari kanker. Selain itu kandungan quercetin dan rutin pada artichoke juga terbukti dapat mengurangi kemungkinan terkena kanker.

2. Kesehatan Jantung

Selain dapat memerangi kanker, artichoke juga berguna bagi jantung. Kandungan tertentu dalam daun artichoke dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), atau asam lemak omega-30, sehingga sangat bermanfaat meningkatkan kesehatan jantung Anda.

3. Menjaga Keseimbangan Tekanan Darah

Artichoke kaya akan kalium yaitu mineral penting yang berguna bagi banyak sistem organ di seluruh tubuh. Kalium membantu menetralisir kelebihan natrium yang dapat meningkatkan tekanan darah. Oleh karena itu artichoke dapat bertindak sebagai vasodilator dan sangat berguna bagi mereka yang minum obat hipertensi untuk mencegah efek dari kekurangan kalium.

Penderita diabetes juga dianjurkan mengkonsumsi artichoke untuk mencegah komplikasi yang berkaitan dengan tekanan darah. Disamping itu, artichoke juga dapat mencegah kemungkinan serangan jantung dan penyakit jantung coroner.

4. Kesehatan Hati

Artichoke digunakan sebagai tonik tradisional untuk hati selama berabad-abad. Kemudian, kandungan cynarin dan silymarin pada artichoke telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan hati secara keseluruhan dengan mengurangi racun dan memfasilitasi eliminasi racun dari hati dan tubuh.

5. Mengatasi Masalah Pencernaan

Artichoke kaya akan serat yang merupakan salah satu gizi pokok yang paling bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan dan fungsi sistem pencernaan Anda. Serat dapat mengurangi sembelit, kanker usus, kembung, kram, dan gangguan perut lainnya. Selain itu, artichoke juga dapat menenangkan kantong empedu yang meradang.

6. Mencegah Cacat Lahir

Artichoke kaya akan asam folat yang dapat mencegah cacat tabung saraf yang kemungkinan terjadi pada bayi baru lahir. Sehingga wanita hamil juga disarankan untuk mengkonsumsi artichoke.

7. Kesehatan Tulang

Artichoke makanan yang kaya akan vitamin dan mineral, terutama magnesium, fosfor, dan mangan. Mineral tersebut merupakan bagian penting untuk meningkatkan kesehatan tulang sehingga mengurangi kemungkinan kondisi seperti osteoporosis.

8. Meningkatkan Fungsi Metabolik

Magnesium dan mangan dalam artichoke sangat dibutuhkan untuk meningkatkan fungsi metabolik dengan mengoptimalkan asupan kalsium, kolesterol, asam amino, dan karbohidrat yang bermanfaat bagi tubuh.

9. Membantu Meningkatkan Fungsi Otak

Artichoke dapat berperan sebagai vasodilator yang memungkinkan lebih banyak oksigen mencapai otak, sehingga meningkatkan fungsi kognitif. Selain itu, senyawa fosfor dalam artichoke juga turut membantu meningkatkan kesehatan sel-sel otak.


Efek Samping Mengkonsumsi Artichoke

1. Bagi Anda yang sensitif terhadap artichoke dapat mengakibatkan terjadinya alergi, sehingga agar lebih berhati-hati dan mempertimbangkan kondisi kesehatan terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi tanaman ini.

2. Anda yang memiliki penyakit hati atau mengalami masalah pada kondisi kandung empedu dan kandung kemih sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi artichoke. Karena apabila Anda mengkonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, makan tanaman artichoke ini justru akan dapat memperburuk kondisi kesehatan Anda.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa artichoke memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat artichoke untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Susu Kambing serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat sayuran artichoke bagi kesehatan :

www.vegetablefacts.net/vegetable-history/artichoke-history/

id.wikipedia.org/wiki/Artichoke

www.organicfacts.net/health-benefits/other/health-benefits-of-artichokes.html

Share

Recent Posts

8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Cara Pakainya

KhasiatSehat.com - Pada dasarnya terdapat banyak jenis minyak esensial yang dapat digunakan untuk merawat kesehatan…

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.

18 Buah Buahan Paling Menyehatkan di Bumi

Apakah kamu tahu, terdapat jenis buah buahan yang lebih menyehatkan dibanding jenis buah lainnya lho.…