9 Khasiat Air Tajin untuk Kesehatan

Air tajin, bisa juga disebut dengan air beras, merupakan salah satu alternatif pengganti susu yang cukup populer. Hal ini dikarenakan air tajin mengandung banyak vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya yang baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Dan pada artikel ini akan membahas tentang berbagai manfaat air tajin untuk kesehatan, cara membuat air tajin, dan pertimbangan dalam mengkonsumsinya.

Manfaat Air Tajin
Air tajin via masi-maro.com

Manfaat Air Tajin

Berikut 9 manfaat air tajin atau air beras untuk kesehatan :

1. Menjadi Sumber Energi yang Baik

Air tajin atau air beras kaya akan karbohidrat, karena hal ini, minuman ini dapat menjadi sumber energi yang baik. Oleh karena itu, dengan minum segelas air beras di pagi hari sebelum beraktivitas dapat membantu mencegah merasa pusing atau lesu karena kekurangan energi.

2. Membantu Mencegah Sembelit

Manfaat air tajin dapat membantu mencegah sembelit, hal ini dikarenakan air tajin kaya akan serat yang dapat memudahkan Anda dalam buang air besar. Selain itu, kandungan pati di dalamnya juga dapat merangsang pertumbuhan bakteri baik, yang bermanfaat untuk kesehatan usus yang lebih baik.

3. Membantu Mencegah Dehidrasi

Air tajin dapat menjadi minuman yang cocok dikonsumsi saat cuaca sedang panas. Saat cuaca panas, tubuh cenderung kehilangan cairan dan garam melalui keringat. Pada kasus tersebut, air tajin atau air beras ini dapat membantu mengisi nutrisi dan cairan yang hilang, sehingga dapat mengurangi kemungkinan terjadi dehidrasi pada tubuh Anda.

4. Membantu Mengatasi Diare

Air tajin secara terbukti dapat menjadi obat alternatif untuk mengobati diare, tidak hanya pada orang dewasa tapi juga pada bayi. Seperti yang telah diketahui, bayi lebih rentan terhadap penyakit seperti diare, dan jika tidak diobati tepat waktu dapat menyebabkan dehidrasi berat.

5. Mencegah Penuaan Dini

Air tajin mengandung senyawa yang disebut dengan inositol, yang dapat mendorong pertumbuhan seluler yang sehat dan menunda proses penuaan. Hal tersebut membuat kulit Anda tampak lebih cerah, lebih kencang, dan elastisitas yang lebih baik.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Karena kaya akan vitamin E dan magnesium, air tajin dapat membantu dalam menjaga kesehatan jantung Anda. Lebih lanjut, air tajin atau air beras ini dapat membantu mencegah stroke dan masalah kesehatan jantung lainnya.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Air tajin kaya akan mineral yang dibutuhkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Hal ini dapat membantu melindungi Anda dari alergi dan infeksi virus lainnya yang dapat menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi air tajin dapat membantu Anda dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

8. Baik untuk Menurunkan Berat Badan

Manfaat air tajin selanjutnya yaitu dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan air tajin mengandung kalori yang tergolong cukup rendah, yang selanjutnya dapat memberi Anda nutrisi yang diperlukan dengan kalori yang rendah.

9. Menjaga Kadar Kolesterol

Air tajin kaya akan vitamin dan karbohidrat namun tidak mengandung laktosa dalam kadar tinggi, yang biasanya terkandung dalam jenis susu lainnya. Hal ini membuat air tajin menjadi minuman yang ideal bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Lebih lanjut, hal ini akan membantu menjaga kesehatan jantung Anda dan mencegah penyakit terkait jantung lainnya.

Artikel terkait :


Cara Membuat Air Tajin

Bahan yang perlu di siapkan yaitu satu cangkir beras dan tiga sampai empat cangkir air. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah cucilah beras hingga bersih kemudian tiriskan. Masukkan beras tersebut ke dalam panci, tambahkan air, dan rebus hingga mendidih.

Saat menunggu hingga mendidih, Anda dapat mengaduknya sesekali hingga kental. Kemudian pisahkan beras dari airnya dengan cara disaring. Anda dapat menambahkan vanila atau gula sesuai selera, lalu dapat Anda minum selagi hangat.


Pertimbangan dalam Mengkonsumsi Air Tajin

Air tajin atau air beras ini tidak cocok bila dikonsumsi oleh penderita diabetes. Hal ini dikarenakan air tajin mengandung karbohidrat yang cukup tinggi, dimana jika dikonsumsi oleh penderita diabetes dapat menyebabkan lonjakan gula darah. Oleh karena itu, sebaiknya bagi penderita diabetes tidak mengkonsumsi air tajin.

Air tajin mengandung protein yang lebih rendah jika dibandingkan dengan susu sapi dan susu kedelai. Selain itu, kandungan kalsium pada air tajin juga cukup rendah. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin memenuhi kebutuhan harian akan protein dan kalsium, Anda perlu mengimbanginya dengan mengkonsumsi makanan lain seperti sayuran dan kacang-kacangan.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa air tajin atau air beras memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat air tajin untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Sayuran yang Baik untuk Diet atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel manfaat air beras untuk kesehatan :

www.thehealthsite.com/diseases-conditions/health-benefits-of-kanji-po915/

steptohealth.com/many-benefits-of-rice-milk/

www.boldsky.com/health/wellness/2014/top-eight-benefits-of-rice-milk-20140213114132-037972-037973.html

www.fitday.com/fitness-articles/nutrition/healthy-eating/pros-and-cons-of-rice-milk.html

Silahkan bagikan artikel ini melalui:
One Comment