Categories: Herbal

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com – Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari bahan-bahan alami. Maka tak heran jika jamu tradisional dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, terutama untuk meningkatkan daya tahan tubuh di masa pandemi saat ini.

Pada dasarnya terdapat banyak tanaman herbal yang dapat dijadikan sebagai jamu. Beberapa di antaranya mungkin cukup mudah ditemukan di sekitar Anda seperti kunyit, jahe, kencur, temulawak, dan lengkuas. Meskipun saat ini sudah banyak tersedia dan dijual dalam bentuk jamu kemasan.

Jamu Tradisional yang Cocok di Minum Saat Masa Pandemi

Berikut jenis jamu yang cocok Anda minum untuk meningkatkan daya tahan tubuh:

  1. Jamu Beras Kencur

Jamu beras kencur terbuat dari campuran beberapa jenis rempah-rempah seperti kencur, jahe, air rendaman beras, dan asam jawa. Disamping hal tersebut, khasiat jamu beras kencur juga dapat digunakan untuk menambah nafsu makan, menambah stamina, dan tentu saja meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Jamu Brotowali

Jamu brotowali memiliki karakteristik rasa yang cenderung pahit. Oleh karena itu, jamu ini kurang disukai oleh banyak kalangan terutama oleh anak-anak yang tidak menyukai rasa pahit.

Dibalik fakta tentang rasanya yang pahit, siapa sangka bahwa jamu ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh lho. Mulai dari menambah nafsu makan, mencegah diabetes, hingga mengatasi jerawat.

  1. Jamu Kunyit Asam

Salah satu jenis jamu paling populer adalah jamu kunyit asam. Sesuai dengan namanya, dimana bahan utama untuk membuat jamu kunyit asam yaitu kunyit dan asam jawa, dengan tambahan beberapa bahan lainnya seperti gula merah, temulawak, dan rempah lainnya.

  1. Jamu Sinom

Jamu sinom memiliki warna yang cenderung mirip dengan jamu kunyit asam, hanya saja perbedaan utamanya ada pada bahan yang digunakan yaitu dari sinom atau daun asam yang masih muda dengan campuran temulawak, kunyit, kapulaga, kayu manis, pala, gula merah, dan gula pasir.

  1. Jamu Temulawak

Jamu temulawak memiliki manfaat untuk mengatasi mual, meredakan sakit kepala, mengobati masuk angin, dan menjaga daya tahan tubuh. Beberapa bahan yang digunakan untuk membuat jamu temulawak yaitu asam jawa, gula aren, daun pandan, dan juga jinten.

Baca juga: Manfaat Temulawak untuk Kesehatan

  1. Jamu Kudu Laos

Dari namanya saja mungkin Anda juga sudah paham bahwa bahan utama dari jamu ini adalah dari buah mengkudu dan rimpang laos, serta beberapa bahan campuran lainnya yang dibuat dengan cara ditumbuk kemudian direbus. Manfaat utama dari jamu kudu laos

Baca juga: Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan


Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Minum Jamu

Minum jamu tradisional memang dipercaya dapat menyehatkan tubuh. Namun dibalik hal tersebut Anda juga perlu mempelajari khasiat dan efek samping jamu sebelum mengonsumsinya.

Dikutip dari situs alodokter bila Anda memiliki gangguan fungsi hati dan ginjal, lebih baik berkonsultasi dahulu ke dokter sebelum minum jamu. Begitu pula jika Anda merupakan wanita hamil dan menyusui.

Bila tak kunjung sembuh atau bahkan muncul keluhan sakit lainnya, segera periksakan diri Anda ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Selain itu, jangan minum jamu disaat Anda sedang dalam konsumsi obat tertentu.

Ringkasan
Judul Artikel
6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi
Deskripsi
Jamu tradisional terbuat dari bahan-bahan alami sehingga cocok untuk meningkatkan daya tahan tubuh di masa pandemi saat ini untuk menangkal virus corona
Penulis
Share

Recent Posts

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.

18 Buah Buahan Paling Menyehatkan di Bumi

Apakah kamu tahu, terdapat jenis buah buahan yang lebih menyehatkan dibanding jenis buah lainnya lho.…

10 Macam Sayuran Paling Menyehatkan di Bumi

Khasiatsehat.com - Sayuran telah dikenal masyarakat luas akan manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh…

Jangan Dikupas! 8 Kulit Buah ini Sangat Bermanfaat untuk Kesehatan

Tahukah Anda, bagian kulit buah tertentu ternyata mengandung zat gizi dan mineral yang lebih kaya…