Tips Kesehatan

9 Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi

Memiliki kondisi gula darah tinggi bila tidak segera ditangani, dapat menyebabkan kerusakan organ tubuh, kondisi koma, bahkan dapat menyebabkan kematian. Oleh karena itu, menjaga gula darah tetap terkontrol merupakan hal yang penting bagi kesehatan, terutama bagi penderita diabetes. Lalu bagaimana cara menurunkan gula darah yang sudah terlanjur tinggi? Berikut ulasannya.

via pngimage.net

Kadar Gula Darah Normal

Kadar gula darah tinggi, disebut juga sebagai hiperglikemia, merupakan kondisi yang biasa dijumpai pada orang yang menderita diabetes dan memiliki gangguan pada hormon insulin. Dimana kadar gula darah tinggi atau kondisi hiperglikemia yang ditunjukkan oleh tes gula darah sewaktu (GDS) adalah di atas 200 mg/dl.

Berbeda dengan kondisi gula darah normal yang berada pada kisaran di bawah 200 mg/dl. Namun, kadar gula darah pun dapat berubah sepanjang waktu, seperti sebelum makan dan setelah makan. Berikut kisaran kadar gula darah normal berdasarkan waktunya:

  • Saat puasa: di bawah 100 mg/dl
  • Sebelum makan: 70-130 mg/dl
  • Setelah makan: di bawah 180 mg/dl
  • Sebelum tidur: 100-140 mg/dl

Gejala Diabetes

Rutin mengontrol dan cek kadar gula darah merupakan salah satu cara tepat untuk mencegah dan mengatasi kondisi gula darah terlalu tinggi. Perhatikan juga beberapa perubahan pada kondisi tubuh Anda yang berkaitan dengan gejala-gejala kadar gula darah tinggi seperti selalu merasa haus, sering buang air kecil, sakit kepala, dan mulut terasa kering.


Cara Menurunkan Gula Darah

Dirangkum dari sejumlah sumber, berikut beberapa cara menurunkan gula darah tinggi secara alami yang dapat Anda terapkan:

1. Meningkatkan Asupan Serat

Serat dapat berperan penting dalam memperlambat pencernaan dan penyerapan gula ke dalam tubuh, sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya lonjakan gula darah secara tiba-tiba. Selain itu, mendapat asupan serat yang cukup juga sangat disarankan bagi penderita diabetes tipe 1, karena dapat memperbaiki kontrol gula darah dan mengurangi kadar gula darah tinggi.

Daftar makanan tinggi serat:

2. Banyak Minum Air Putih

Perbanyak minum air putih merupakan salah satu alternatif menurunkan gula darah secara alami. Hal ini karena manfaat minum air putih secara cukup dapat membantu menjaga kadar gula darah. Selain itu, dengan cukup air minum air putih juga dapat membantu menjaga kesehatan ginjal dengan mengeluarkan kelebihan gula darah melalui urin.

Baca juga Manfaat Minum Air Putih Ketika Perut Sedang Kosong

3. Istirahat yang Cukup

Gaya hidup sehat dengan membiasakan diri untuk mendapat istirahat dan tidur yang cukup serta berkualitas tentu diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Dimana kebiasaan tidur yang buruk seperti begadang atau tidak tidak hingga larut malam, dan kurang istirahat dapat mempengaruhi kadar gula darah dan sensitivitas insulin.

4. Rutin Berolahraga

Olahraga dapat membantu sel tubuh menjadi lebih sensitif terhadap insulin. Ketika sensitivitas meningkat, kadar gula akan cenderung menurun. Dengan begitu gejala gula darah tinggi atau diabetes pun dapat dikontrol. Menurut Michelle May MD dalam bukunya yang berjudul Eat What You Love, menyatakan bahwa olahraga selama 45 menit dapat menurunkan gula darah hingga 155 mg/dl. Dimana olahraga yang disarankan adalah joging.

Baca juga Manfaat Berolahraga Secara Rutin

5. Mengurangi Asupan Karbohidrat

Pada dasarnya karbohidrat akan diolah tubuh menjadi gula yang digunakan sebagai energi. Tetapi kelebihan gula justru akan berakibat meningkatnya kadar gula dalam darah. Terdapat suatu penelitian yang menunjukkan bahwa dengan mengurangi konsumsi karbohidrat dan menambah asupan makanan tinggi protein, serat, dan vitamin dapat mengurangi kadar gula darah.

Oleh karena itu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks daripada karbohidrat sederhana. Dimana karbohidrat kompleks terdiri dari beberapa jenis gula yang diolah dalam waktu lama oleh tubuh sehingga tidak akan memicu kenaikan gula darah.

Beberapa jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yaitu:

6. Perbanyak Konsumsi Buah-Buahan

Cara menurunkan gula darah yang selanjutnya yaitu dengan mengonsumsi buah-buahan secara rutin. Salah satu jenis buah yang dapat Anda konsumsi yaitu buah naga, yang memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Oleh karena itu, selain dapat menurunkan kadar glukosa, buah ini juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

7. Menghindari Stres

Siapa sangka bahwa stres dapat memicu kenaikan gula darah dalam tubuh. Saat stres, tubuh akan memproduksi glukagon dan kartisol yang membuat gula darah melonjak. Oleh karena itu, untuk mencegah hal ini terjadi, Anda dapat melakukan relaksasi, meditasi, serta tidur yang cukup.

8. Kurangi Asupan Gula

Kadar gula darah tinggi dapat terjadi akibat berlebihnya asupan gula dari makanan yang Anda konsumsi. Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika Anda mulai mengurangi makanan atau minuman yang mengandung banyak gula. Selain itu, Anda juga dapat mengganti gula biasa dengan pemanis rendah kalori dan mengandung kromium untuk meningkatkan fungsi insulin dalam tubuh, sehingga gula darah dalam tubuh tetap terkontrol.

9. Suntik Insulin

Suntik insulin diperlukan untuk menetralisasi kadar gula dalam darah ketika Anda sudah mencoba penggunaan obat antidiabetes tetapi hasilnya tetap tinggi. Dimana insulin dapat membantu mengontrol kadar gula darah (glukosa) dalam tubuh. Selalu pastikan untuk mengecek kembali kadar gula dalam darah, guna mengetahui apakah suntikan dosis insulin yang Anda terima sudah tepat atau belum.


Demikian artikel kesehatan mengenai cara menurunkan gula darah tinggi. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Buah Penurun Darah Tinggi atau kembali ke halaman utama Situs Kesehatan untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Ringkasan
Judul Artikel
9 Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi Secara Efektif - KhasiatSehat.com
Deskripsi
menjaga gula darah tetap terkontrol merupakan hal yang penting bagi kesehatan, terutama bagi penderita diabetes. Lalu bagaimana cara menurunkan gula darah yang sudah terlanjur tinggi? Berikut ulasannya.
Penulis
Penerbit
Khasiat Sehat
Logo Penerbit
Share

Recent Posts

7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Khasiatsehat.com - Bunga telang seringkali hanya dijadikan sebagai bahan pewarna alami untuk makanan dan minuman.…

8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Cara Pakainya

KhasiatSehat.com - Pada dasarnya terdapat banyak jenis minyak esensial yang dapat digunakan untuk merawat kesehatan…

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.