Tumbuhan

11 Khasiat Tanaman Rosemary untuk Kesehatan

Rosemary merupakan tumbuhan rempah rempah yang dapat digunakan sebagai bahan makanan. Tanaman rosemary telah dibudidayakan di Inggris sejak akhir abad ke-14. Bibit rosemary berwarna kuning coklat, berminyak dan berukuran kecil. Berikut artikel mengenai manfaat tanaman rosemary untuk kesehatan.

Rosemary cukup tahan terhadap sebagian besar hama dan penyakit tanaman, meskipun begitu tanaman ini tetap rentan terhadap infeksi jamur tertentu. Tumbuhan rosemary ini dapat dengan mudah dibudidayakan melalui teknik stek.

Manfaat Tanaman Rosemary

Berikut 11 manfaat tanaman rosemary bagi kesehatan :

1. Meningkatkan Fungsi Otak

Rosemary telah populer sebagai tumbuhan yang mampu meningkatkan memori dan membantu meningkatkan kecerdasan. Rosemary juga dapat merangsang aktivitas kognitif pada orang tua, serta mereka yang menderita gangguan kognitif lebih akut, seperti Alzheimer atau demensia.

2. Mengurangi Stres

Aroma rosemary dapat mengontrol suasana hati, membersihkan pikiran, dan menghilangkan stres pada mereka yang memiliki kecemasan atau ketidakseimbangan hormon stres. Oleh karena itu rosemary dapat digunakan sebagai aromaterapi.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan senyawa antioksidan, anti-inflamasi, dan anti-karsinogenik yang terkandung dalam tanaman rosemary mampu mengatasi berbagai penyakit dan patogen yang bisa mengancam sistem kekebalan tubuh atau merusak integritas tubuh.

4. Sebagai Antibakteri

Rosemary dapat mencegah pertumbuhan bakteri H. pylori yang merupakan patogen umum dan sangat berbahaya yang dapat menyebabkan sakit maag. Rosemary juga berperan melindungi tubuh dari infeksi yang disebabkan oleh Staphylococcus, yaitu kelompok bakteri-bakteri, yang dapat menyebabkan banyak penyakit sebagai akibat dari infeksi beragam jaringan tubuh.

5. Kesehatan Pencernaan

Rosemary secara tradisional telah digunakan oleh berbagai budaya sebagai obat alami untuk mengatasi sakit perut, sembelit, kembung, diare, dan sejenisnya karena adanya efek anti-inflamasi, sehingga dapat membantu Anda mengatur pergerakan usus dan sistem pencernaan Anda.

6. Kesehatan Mulus dan Menyegarkan Nafas

Sebagai agen antibakteri alami, rosemary bekerja sebagai penyegar nafas yang juga dapat meningkatkan kesehatan mulut Anda. Rosemary dapat menghilangkan bakteri dan memberikan nafas segar alami dan bersih sepanjang hari.

7. Melancarkan Aliran Darah

Rosemary bertindak sebagai stimulan bagi tubuh dan meningkatkan produksi sel darah merah. Hal ini akan membantu untuk mengoksidasi sistem organ vital tubuh, memastikan bahwa kegiatan metabolisme dapat berjalan dengan lancar, dan menstimulasi pergerakan nutrisi ke sel-sel tubuh.

8. Sebagai Pereda Nyeri

Sebagai zat analgesik rosemary bertindak sebagai pereda nyeri, seperti sakit kepala. Bahkan, salah satu penggunaan paling populer dari rosemary ialah dapat digunakan untuk pengobatan migrain.

9. Sebagai Agen Anti-Inflamasi

Mungkin fungsi yang paling penting dari rosemary adalah sebagai agen anti-inflamasi dalam tubuh. Carnosol dan asam carnosic dalam rosemary merupakan senyawa antioksidan yang dapat mengurangi peradangan otot, pembuluh darah, dan sendi. Selain itu, rosemary juga berfungsi mengurangi peradangan pada sistem kardiovaskular yang dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah aterosklerosis.

10. Detoksifikasi Tubuh

Rosemary dapat membantu membuang racun lebih efisien saat buang air kecil. Selanjutnya, rosemary juga dapat membantu mendorong keluarnya patogen, garam, racun, dan bahkan kelebihan lemak bila dikonsumsi secara teratur.

11. Kesehatan Kulit

Sifat anti-penuaan dari rosemarin telah terbukti untuk meremajakan kulit dan bermanfaat untuk menyembuhkan bekas luka di kulit sehingga kulit tampak lebih sehat.


Perhatian dan Efek Samping Penggunaan Tanaman Rosemary

Jika Anda alergi terhadap tumbuhan-tumbuhan kerabat mint, Anda mungkin akan mengalami ketidaknyamanan jika Anda mengkonsumsi rosemary. Oleh sebab itu, perhatikan sensitifitas tubuh Anda dan konsumsi rosemary sesuai kebutuhan.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa tanaman rosemary ini memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat rosemary untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Urang Aring serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat tanaman rosemary untuk kesehatan :

www.organicfacts.net/health-benefits/herbs-and-spices/rosemary.html

id.wikipedia.org/wiki/rosemary

www.britannica.com/plant/rosemary

www.natuurlijkerwijs.com/english/rosemary.htm

Share

Recent Posts

12 Manfaat Daun Keji Beling: Tanaman Serbaguna dengan Beragam Manfaat

Daun keji beling, secara ilmiah dikenal sebagai Strobilanthes crispus, adalah tanaman berdaun hijau tua yang…

9 Manfaat Berjemur di Pagi Hari untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Berjemur di pagi hari merupakan kebiasaan sederhana yang dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh…

11 Manfaat Niacinamide untuk Kesehatan Kulit Wajah

Niacinamide, juga dikenal sebagai vitamin B3 atau nicotinamide, adalah bentuk vitamin B yang larut dalam…

10 Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan Tubuh dan Cara Menikmatinya

Buah lontar, yang berasal dari pohon Cocos nucifera var. lontar, merupakan buah yang kaya akan…

9 Manfaat Flimty Untuk Kesehatan dan Cara Konsumsinya

Flimty adalah produk suplemen makanan yang diformulasikan untuk membantu menurunkan berat badan. Tidak hanya itu…

9 Manfaat Susu Pediasure Untuk Anak-Anak

Pediasure adalah merek susu nutrisi yang dirancang khusus untuk anak-anak. Produk ini diformulasikan untuk memberikan…