Buah-Buahan

12 Khasiat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Jeruk nipis merupakan buah paling kecil dan paling fleksibel diantara berbagai jenis jeruk lainnya. Jeruk nipis dapat tumbuh subur di daerah tropis. Tidak seperti jeruk lemon, jeruk nipis sensitif terhadap cuaca dingin dan membutuhkan iklim yang hangat. Berikut artikel mengenai manfaat jeruk nipis untuk kesehatan.

Pohon jeruk nipis dapat tumbuh hingga sekitar 17 kaki tingginya. Jeruk nipis dapat berbuah sepanjang tahun. Jeruk nipis memiliki pohon berduri, daun yang harum, bunga, berwarna hijau saat mentah dan berubah kuning-hijau saat matang. Jeruk nipis dikonsumsi di seluruh dunia dalam bentuk minuman, acar, selai, jeli, makanan ringan, permen, gula dan dalam masakan.

Bahkan, minyak yang diekstrak dari kulit jeruk nipis ini dapat digunakan dalam konsentrat minuman ringan, minyak tubuh, produk kosmetik, minyak rambut, pasta gigi, sabun kecantikan, desinfektan, pencuci mulut, deodoran dan tak terhitung lagi produk lainnya dikarenakan memang jeruk nipis memiliki berbagai nutrisi bermanfaat.

Asal Usul Jeruk Nipis

Jeruk nipis berasal dari Asia Tenggara.  Kemudian pada abad ke-13, diperkirakan bahwa pedagang Persia dan Arab memperkenalkan jeruk nipis ke India dan Timur tengah, selanjutnya dari sana buah itu dibawa ke Perancis dan Italia. Ada juga beberapa bukti sejarah yang menunjukkan bahwa Christopher Columbus membawa bibit jeruk nipis ke Hindia Barat, dan khususnya pulau Hispaniola pada pelayarannya yang ke dua tahun 1493. Di masa sekarang, jeruk nipis telah dibudidayakan juga di Hindia Barat, California, Florida, Ghana dan India, sedangkan Meksiko telah menjadi produsen sekaligus konsumen terbesar jeruk nipis di dunia.

Manfaat Jeruk Nipis

Berikut 12 manfaat jeruk nipis untuk kesehatan.

1. Membantu mengobati Infeksi

Jeruk nipis sangat terkenal sebagai obat untuk penyakit kudis, yaitu penyakit yang disebabkan karena kekurangan vitamin-C. Hal ini ditandai dengan seringnya infeksi, bibir pecah-pecah, ulkus di lidah dan di mulut.

2. Perawatan Kulit

Manfaat air jeruk nipis sangat bermanfaat untuk meremajakan kulit, membuat kulit bersinar, melindungi dari infeksi dan mengurangi bau badan karena kehadiran sejumlah besar vitamin-C dan flavonoid. Kandungan tersebut memiliki sifat antibiotik dan desinfektan.

3. Kesehatan Pencernaan

Keasaman alami pada jeruk nipis dapat memecah molekul makro pada makanan, sedangkan flavonoid dalam jeruk nipis dapat merangsang sistem pencernaan dan meningkatkan sekresi cairan pencernaan, empedu dan asam. Selain itu, flavonoid juga merangsang gerak peristaltik.

4. Membantu mengobati Sembelit

Serat dalam jeruk nipis membantu dalam mengurangi sembelit, namun unsur yang paling menguntungkan adalah keasaman tinggi. Air jeruk nipis dengan garam juga bertindak sebagai pencahar yang sangat baik tanpa efek samping, sehingga memberikan bantuan untuk mereka yang sedang mengalami sembelit.

5. Mencegah Diabetes

Tingginya serat larut dalam jeruk nipis membantu mengatur penyerapan gula pada tubuh ke dalam aliran darah, mengurangi terjadinya lonjakan gula darah yang merupakan risiko serius untuk pasien diabetes. Selain itu jeruk nipis memiliki indeks glikemik rendah yang berarti bahwa jeruk nipis tidak akan menyebabkan lonjakan tak terduga akan kadar glukosa.

6. Mencegah Penyakit Jantung

Selain menjaga kadar gula darah, jeruk nipis juga dapat mengontrol tekanan darah dan menghilangkan keberadaan kolesterol LDL (kolesterol jahat). Selanjutnya, serat larut pada jeruk nipis dapat mengurangi peradangan pada pembuluh darah, sehingga dapat mencegah penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

7. Perawatan Mata

Vitamin-C dalam jeruk nipis dapat melindungi mata dari penuaan dan degenerasi makula. Selain itu, flavonoid juga membantu melindungi dari infeksi.

8. Mengobati Demam

Buah jeruk pada umumnya memiliki kualitas mengurangi demam. Tingginya tingkat vitamin-C pada jeruk nipis secara alami dapat menurunkan suhu tubuh.

9. Mengobati Asam Urat

Ada dua penyebab utama asam urat. Sumber pertama adalah akumulasi radikal bebas dalam tubuh, dan yang kedua adalah akumulasi racun dalam tubuh. Jeruk nipis dapat membantu mencegah kedua penyebab ini, karena jeruk nipis kaya akan antioksidan & detoxifiers (vitamin-C & Flavonoid) yang mengurangi jumlah radikal bebas serta detoksifikasi tubuh.

10. Mengatasi Kolera

Kolera masih merupakan penyakit yang berbahaya dan mematikan di beberapa tempat di planet ini. Manfaat air jeruk nipis dapat menjadi desinfektan yang sangat efektif membasmi kolera. Sejumlah penelitian yang dilakukan pada terutama setelah wabah mengerikan kolera di Guinea-Bissau pada tahun 1994, menyebutkan bahwa manfaat air jeruk nipis dapat mengurangi jumlah kematian yang disebabkan oleh kolera.

11. Menurunkan Berat Badan

Manfaat jeruk nipis untuk diet. Asam sitrat dalam jeruk nipis merupakan pembakar lemak yang sangat baik. Anda dapat mengkonsumsi dua gelas sehari dan melihat hasil yang luar biasa dalam waktu seminggu.

12. Mengatasi Gangguan kemih

Kandungan kalium yang tinggi dalam jeruk nipis sangat efektif menghilangkan zat beracun dan endapan yang tersimpan di ginjal dan kandung kemih. Sifat disinfektan jeruk nipis juga membantu menyembuhkan infeksi dalam sistem kemih.


Efek Samping Jeruk Nipis

Bagi wanita yang sedang hamil, dianjurkan untuk berkonsultasi pada dokter sebelum mengkonsumsi jeruk nipis, karena jeruk nipis dapat memperparah sakit maag selama trimester terakhir kehamilan. Kemudian kandungan asam sitrat yang tinggi pada jeruk nipis dapat merusak email gigi dan dapat menyebabkan masalah gigi pada beberapa wanita hamil.

Mengkonsumsi vitamin C secara berlebihan dapat menyebabkan masalah seperti mengantuk, kelelahan, mual, muntah, mulas atau gangguan pencernaan, insomnia, kram usus, iritasi kerongkongan, kemerahan pada kulit, sakit kepala, dan diare.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa jeruk nipis memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat jeruk nipis untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Sereh serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat jeruk nipis :

  • en.wikipedia.org/wiki/Lime_(fruit)
  • knoji.com/the-tropical-fruit-lime-history-varieties-and-nutrition
  • www.organicfacts.net/health-benefits/fruit/health-benefits-of-lime.html
  • fawesome.ifood.tv/benefits/419327-is-it-safe-to-eat-lime-during-pregnancy
Share

Recent Posts

12 Manfaat Daun Keji Beling: Tanaman Serbaguna dengan Beragam Manfaat

Daun keji beling, secara ilmiah dikenal sebagai Strobilanthes crispus, adalah tanaman berdaun hijau tua yang…

9 Manfaat Berjemur di Pagi Hari untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Berjemur di pagi hari merupakan kebiasaan sederhana yang dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh…

11 Manfaat Niacinamide untuk Kesehatan Kulit Wajah

Niacinamide, juga dikenal sebagai vitamin B3 atau nicotinamide, adalah bentuk vitamin B yang larut dalam…

10 Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan Tubuh dan Cara Menikmatinya

Buah lontar, yang berasal dari pohon Cocos nucifera var. lontar, merupakan buah yang kaya akan…

9 Manfaat Flimty Untuk Kesehatan dan Cara Konsumsinya

Flimty adalah produk suplemen makanan yang diformulasikan untuk membantu menurunkan berat badan. Tidak hanya itu…

9 Manfaat Susu Pediasure Untuk Anak-Anak

Pediasure adalah merek susu nutrisi yang dirancang khusus untuk anak-anak. Produk ini diformulasikan untuk memberikan…