Categories: Buah-Buahan

10 Khasiat Buah Salak untuk Kesehatan

Salak merupakan buah buahan khas Asia Tenggara, namun buah ini sudah sangat populer di berbagai belahan dunia. Banyak nutrisi yang terkandung dalam buah salak yang membuatnya memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan. Berikut artikel mengenai manfaat buah salak untuk kesehatan.

Asal Usul

Salak dianggap berasal dari Sumatera Selatan dan barat daya Jawa. Kini budidaya salak banyak di lakukan di Thailand, dan banyak tersebar di seluruh Malaysia dan Indonesia. Selain itu salak juga telah diperkenalkan di New Guinea, Filipina, Queensland, China, Suriname, Spanyol, dan lain-lain. Terdapat beberapa macam macam salak yang cukup terkenal, seperti salak pondoh, salak bali, salak condet, salak sidimpuan

Manfaat Buah Salak

Berikut 10 manfaat salak bagi kesehatan :

1. Menjaga Kesehatan Mata

Buah-buahan mengandung beta karoten yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, tak terkecuali buah salak. Buah salak juga mengandung beta karoten lebih banyak dari buah mangga dan buah semangka.

2. Membantu Mencegah dan Mengobati Diare

Bila Anda mempunyai masalah mengenai buang air besar seperti diare, Anda perlu mengkonsumsi buah ini, karena salak memiliki serat yang tinggi sehingga dapat dapat membantu dalam mengobati diare.

3. Membantu Diet

Manfaat buah salak untuk diet. Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan atau diet, salak merupakan solusinya. Salak memiliki kandungan serat, dimana serat bisa membuat Anda lebih kenyang lebih cepat dan merasa kenyang lebih tahan lama.

4. Baik untuk Otak

Buah salak diakui sebagai salah satu dari beberapa buah yang sangat kaya akan Kalium dan juga Pektin, yang bermanfaat bagi otak. Hal ini adalah alasan kenapa salak baik untuk otak.

5. Mengontrol Tingkat Gula Darah

Manfaat buah salak untuk diabetes. Buah salak mengandung pterostilbene yang merupakan agen penurun glukosa darah yang dapat membantu dalam mengendalikan diabetes. Oleh karena itu salak sering digunakan dalam program diet untuk menurunkan kadar glukosa darah.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Salak terdiri dari sejumlah kandungan kalium yang dapat membuat jantung sehat. Tingkat tinggi antioksidan dan mineral dapat menjaga fungsi sistem kardiovaskular dengan baik dan membantu dalam pengaturan air dalam tubuh.

7. Meningkatkan Kesehatan Tubuh Secara Keseluruhan

Seperti yang telah disebutkan, salak merupakan salah satu buah yang kaya akan nutrisi yang dapat membantu dalam meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dari tubuh. Kaya akan nutrisi, yang terdiri dari vitamin dan mineral yang dapat membantu dalam menjaga fungsi tubuh tetap sehat.

Antioksidan dapat membantu memerangi kerusakan sel dan jaringan dan mencegah tubuh dari kerusakan akibat karsinogenik berbahaya. Konsumsi salak secara teratur dan menambahkannya dalam menu diet Anda juga dapat membantu untuk mengurangi risiko pembentukan wasir.

8. Baik untuk Ibu Hamil

Manfaat buah salak untuk ibu hamil. Mengkonsumsi salak baik untuk ibu hamil muda yang mengalami morning sickness. Tapi jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya, ibu hamil juga perlu menu makanan yang seimbang yang kaya akan protein seperti kacang kacangan.

9. Kesehatan Kulit

Salak mengandung antioksidan, sehingga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Vitamin C yang terdapat dalam buah salak sangat penting untuk kulit yang dapat membantu dalam menghilangkan radikal bebas dan mencegah keriputan dini secara alami.

10. Membantu Mengobati Rasa Panas Pada Perut

Ketika merasa tak enak perut, buah salak dapat membantu mengobatinya dengan cara yang alami. Anda dapat menggunakan buah salak yang dicampur dengan madu, atau bisa juga mengkonsumsi buah semangka.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa buah salak memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat buah salak untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Buah Tin serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat buah salak untuk kesehatan :

www.healthbenefitstimes.com/health-benefits-of-salak-fruit/

www.vegetafruit.com/2016/02/10-amazing-benefits-of-salak-snake.html

www.thealthbenefitsof.com/health-benefits-of-salak-fruit/

www.organicfacts.net/health-benefits/fruit/tangelo-and-salak.html

Share

Recent Posts

12 Manfaat Daun Keji Beling: Tanaman Serbaguna dengan Beragam Manfaat

Daun keji beling, secara ilmiah dikenal sebagai Strobilanthes crispus, adalah tanaman berdaun hijau tua yang…

9 Manfaat Berjemur di Pagi Hari untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Berjemur di pagi hari merupakan kebiasaan sederhana yang dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh…

11 Manfaat Niacinamide untuk Kesehatan Kulit Wajah

Niacinamide, juga dikenal sebagai vitamin B3 atau nicotinamide, adalah bentuk vitamin B yang larut dalam…

10 Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan Tubuh dan Cara Menikmatinya

Buah lontar, yang berasal dari pohon Cocos nucifera var. lontar, merupakan buah yang kaya akan…

9 Manfaat Flimty Untuk Kesehatan dan Cara Konsumsinya

Flimty adalah produk suplemen makanan yang diformulasikan untuk membantu menurunkan berat badan. Tidak hanya itu…

9 Manfaat Susu Pediasure Untuk Anak-Anak

Pediasure adalah merek susu nutrisi yang dirancang khusus untuk anak-anak. Produk ini diformulasikan untuk memberikan…