Bahan Makanan

15 Khasiat Bawang Merah untuk Kesehatan

Bawang merah adalah bawang yang memiliki warna kulit merah ungu dan daging berwarna putih berbentuk seperti cincin. Bawang merah juga merupakan salah satu tanaman yang paling penting dan dapat digunakan sebagai bumbu masakan di setiap bagian dunia. Bawang merah biasanya digunakan untuk membuat acar dengan cuka dan memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Berikut artikel mengenai manfaat bawang merah untuk kesehatan.

Bawang merah memiliki rasa yang ringan, sementara teksturnya yang renyah. Bawang merah dapat dimakan mentah dan juga dapat panggang, goreng atau tumis selama proses memasak. Disamping itu, kandungan nutrisi dalam bawang merah juga sering digunakan sebagai pengobatan alami yang tidak banyak menimbulkan efek berbahaya.

Asal Usul Bawang Merah

Bawang merah diyakini berasal dari Asia Tengah khususnya Iran dan Pakistan. Orang telah melakukan budidaya bawang merah sejak jaman kuno sekitar 5000 tahun yang lalu. Mesir kuno menggunakan bawang merah untuk membayar pekerja yang membangun piramida dan menempatkan bawang merah di makam raja mereka termasuk makam Tutankhamen. Sejak abad ke-6 bawang merah sangat populer sebagai bumbu di India dan kemudian menyebar ke Eropa dan bagian dunia lainnya.

Manfaat Bawang Merah

Berikut 15 manfaat bawang merah bagi kesehatan :

1. Mengurangi Kolesterol

Bawang merah mengandung quercetin yang memiliki efek menurunkan kolesterol jahat atau LDL (Low Density Lipoprotein) dengan meningkatkan tingkat lemak baik yang dikenal sebagai HDL (High Density Lipoprotein). Quercetin adalah komponen dari flavonoid yang dikenal sebagai antioksidan yang kuat.

2. Mengurangi Peradangan

Quercetin pada bawang merah tidak hanya mengurangi kadar kolesterol, tetapi juga memiliki efek anti-inflamasi yang kuat sehingga dapat mengurangi peradangan dan mencegah tubuh dari beberapa penyakit yang disebabkan oleh peradangan.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan antioksidan dalam bawang merah secara signifikan dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas sehingga dapat memperkuat fungsi sistem kekebalan tubuh dan membuatmya bekerja lebih efisien.

4. Detoksifikasi Tubuh

Bawang merah mengandung sulfur yang dapat membantu detoksifikasi tubuh.  Bawang merah juga mengandung vitamin C yang dapat membantu memurnikan darah dengan menghapus timbal, kadmium dan arsenik dari tubuh.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Bawang merah dapat mencegah pembekuan darah dan memiliki efek yang sama dengan obat pengencer darah. Banyak ahli jantung yang menyarankan pasien mereka untuk memasukkan bawang merah ke resep atau diet mereka karena bawang merah memiliki manfaat yang besar dalam menjaga sistem kardiovaskular

6. Mencegah Kanker

Banyak penelitian telah membuktikan bahwa antioksidan dalam bawang merah dapat mencegah kanker dengan mengurangi kerusakan DNA yang disebabkan oleh radikal bebas. Penelitian juga menemukan bahwa bawang merah dapat menghancurkan sel tumor dan sel kanker terutama dalam kasus leukemia.

7. Menyembuhkan Asma

Bawang merah sudah dikenal sejak lama dapat mengobati dan menyembuhkan asma karena bawang merah mengandung senyawa aktif yang dapat menghambat zat yang memicu kejang otot bronkus dan juga memiliki efek menenangkan otot pernapasan.

8. Mengobati Infeksi

Bawang merah mengandung banyak zat aktif yang memiliki sifat antibakteri. Hal ini efektif untuk melawan infeksi bakteri Salmonella dan E.Coli yang dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan dalam tubuh manusia termasuk diare.

Artikel terkait:

9. Menghilangkan Jerawat dan Bintik Gelap di Kulit

Flavonoid dan antioksidan di dalam daging bawang merah dapat mengurangi munculnya bintik gelap pada kulit. Manfaat bawang merah untuk wajah. Bawang merah juga dapat mencegah jerawat karena mengandung efek anti-bakteri dan juga menyingkirkan tempat gelap yang disebabkan oleh bekas jerawat.

10. Meringankan Sakit Gigi

Bawang merah mengandung sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat membunuh bakteri yang menyebabkan sakit gigi dan juga menenangkan saraf di dalam gusi.

11. Meningkatkan Fungsi Otak

Bawang merah tinggi akan kandungan sulfur yang dapat meningkatkan asam amino yang diperlukan dalam otak dan fungsi sistem saraf. Mengkonsumsi bawang merah dapat membantu menjaga sel otak dan meningkatkan memori.

12. Meredakan Masalah Perut

Jika Anda merasakan sakit di dalam perut Anda, Anda dapat mengkonsumsi bawang merah mentah untuk meningkatkan pencernaan Anda dan meningkatkan produksi asam lambung. Gosokkan bawang merah ke permukaan perut untuk menyembuhkan masalah perut terutama pada anak-anak.

13. Menjaga Kesehatan Tulang

Bawang merah mengandung Gamma L glutamyl yang dapat mempertahankan kesehatan dan kekuatan tulang dengan menghambat aktivitas osteoklas (sel yang memecah tulang).

14. Meningkatkan Nafsu Makan

Bawang merah mengandung asam glutamat yang dapat meningkatkan rasa pada hidangan. Zat aditif makanan alami ini dapat meningkatkan nafsu makan pada orang yang kurang nafsu makan.

15. Pengobatan Diabetes

Penelitian terbaru juga menyebutkan bahwa bawang merah dapat dimungkinkan bisa menjadi obat diabetes. Uji utama tentang efek hipoglikemik bawang merah dilakukan pada pasien penderita diabetes tipe-1 dan diabetes tipe-2. Terbukti bahwa bawang merah dapat membantu hiperglikemia pada kedua kelompok pasien tersebut, dan juga dapat mengurangi insulin pada pasien diabetes tipe-1.

Baca juga:


Efek Samping Bawang Merah

Mengkonsumsi bawang merah secara berlebihan dapat menyebabkan bau badan, mual, muntah, pusing, mulas dan perut kembung.

Orang yang minum obat anti koagulan harus bekonsultasi dengan dokter dahulu sebelum mengkonsumsi bawang merah, karena mengkonsumsi bawang merah dapat mengganggu obat pengencer darah seperti warfarin.

Seperti pada umumnya, untuk orang-orang yang sensitif terhadap makanan atau tumbuhan tertentu, maka mengkonsumsi bawang merah juga dapat menyebabkan alergi terutama apabila dikonsumsi secara berlebihan.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa tanaman bawang merah memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat bawang merah untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Cengkeh serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat bawang merah untuk kesehatan :

Ringkasan
Judul Artikel
15 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan & Efek Sampingnya
Deskripsi
Manfaat bawang merah yaitu untuk mengurangi kadar kolesterol, mengurangi peradangan, meningkatkan kekebalan tubuh, detoksifikasi tubuh, menurunkan tekanan darah, mencegah kanker, menyembuhkan asma, mengobati infeksi, menghilangkan jerawat, meringankan sakit gigi, dan sebagainya
Penulis
Penerbit
Khasiat Sehat
Logo Penerbit
Share

Recent Posts

12 Manfaat Daun Keji Beling: Tanaman Serbaguna dengan Beragam Manfaat

Daun keji beling, secara ilmiah dikenal sebagai Strobilanthes crispus, adalah tanaman berdaun hijau tua yang…

9 Manfaat Berjemur di Pagi Hari untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Berjemur di pagi hari merupakan kebiasaan sederhana yang dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh…

11 Manfaat Niacinamide untuk Kesehatan Kulit Wajah

Niacinamide, juga dikenal sebagai vitamin B3 atau nicotinamide, adalah bentuk vitamin B yang larut dalam…

10 Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan Tubuh dan Cara Menikmatinya

Buah lontar, yang berasal dari pohon Cocos nucifera var. lontar, merupakan buah yang kaya akan…

9 Manfaat Flimty Untuk Kesehatan dan Cara Konsumsinya

Flimty adalah produk suplemen makanan yang diformulasikan untuk membantu menurunkan berat badan. Tidak hanya itu…

9 Manfaat Susu Pediasure Untuk Anak-Anak

Pediasure adalah merek susu nutrisi yang dirancang khusus untuk anak-anak. Produk ini diformulasikan untuk memberikan…